ADS

[Tips & Trik] Maksimalkan Fitur Bukachat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!

Semangat Pagi Om, Tante…
Semoga kabarnya baik-baik saja dan lapaknya semakin laku manis..
Pada weekend yang aneka macam program kondangan kali ini, Saya mau sedikit tulis tips ringan ihwal pentingnya respon yang cepat dalam berjualan online.
Disini juga saya mau review dan memberi tips menarik mengenai aplikasi mobile dari bukalapak, yaitu BukaChat.
Saya ketik ini pakai handphone, agar tetap rapi tulisannya..
Disimak yaaa…
Yup
Bukalapak yakni pasar. Tempat dimana penjual dan pembeli berinteraksi melaksanakan acara jual-beli. Perbedaannya, bila pasar yang biasa ibu-ibu datangi setiap pagi itu offline, penjual dan pembeli saling tatap muka dan berinteraksi, sedangkan Bukalapak yakni pasar yang seluruh kegiatannya online dimana penjual dan pembeli tidak bertatap muka, tetapi memakai fitur chat dalam berinteraksi.
Maka, kali ini kita akan fokus membahas interaksi dalam jual-beli secara online
Apa yang biasa dilakukan pembeli sebelum melaksanakan pembelian di pasar online (Bukalapak)?
Pastinya akan bertanya apakah stoknya tersedia, atau bertanya harga diskon bila beli dalam jumlah tertentu, atau pertanyaan-pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan calon pembeli.
Nah, permasalahan muncul ketika komunikasi antara calon pembeli ke penjual dalam acara online biasanya berlangsung lambat. Entah faktor jaringan koneksi internet yang buruk, atau memang pelapaknya yang lambat merespon.
Yang pasti, interaksi online tentunya tidak secepat bila di pasar offline pembeli dan penjual saling interaksi eksklusif tanpa memakai media apapun, interaksi dan penjualan akan terjadi dengan cepat, tidak menyerupai di pasar online yang interaksinya lebih lambat.
Interaksi yang lambat inilah yang akan menciptakan pembeli terlalu usang menunggu dan kesudahannya mencari produk yang ditanya tersebut ke seller lain yang merespon lebih cepat. Setuju?
baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!
Pelapak lambat, pembeli menunggu terlalu usang peluang terjadi penjualan = 0
Ingat ya, di Bukalapak ini yang jual produk Om Tante itu jumlahnya banyak sekali, ribuan bahkan jutaan pelapak. Jadi, bila respon / jawaban dari pertanyaan calon pembeli tidak ditanggapi dengan cepat, peluang terjadi penjualan akan sangat kecil.
Lalu bagaimana solusinya?
Pastinya semua Om Tante disini saya yakin sudah menginstall aplikasi Bukalapak di smartphone-nya.
Tapi apakah Om Tante sudah tahu bahwa selain aplikasi Bukalapak, BL juga mempunyai aplikasi yang gak kalah penting untuk Om Tante install.
baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!
BukaChat
Aplikasi livechat yang dapat menciptakan Om Tante lebih fast respon dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk seputar lapaknya.
Aplikasi realtime chat dari Bukalapak ini sudah saya coba sendiri, sangat cepat dan ringan di smartphone saya, semua pertanyaan yang masuk saya balas hanya dalam hitungan menit saja (itupun kalau saya tidak lagi nyetir atau mandi ya sebab ga mungkin dong saya main hape pada ketika itu hehehe).
Nah, bila pada aplikasi Bukalapak yang biasa, di fitur chat-nya, waktu connecting (menurut saya) terbilang lambat, belum lagi membuka aplikasinya saja memerlukan waktu loading yang tidak sebentar, atau kadang pesan yang sudah kita send, sering tidak terkirim sebab koneksi internet yang tidak stabil.
Di aplikasi BukaChat ini, bila ada pesan yang tidak terkirim (karena koneksi terputus), pesan tersebut akan otomatis terkirim ketika smartphone terhubung kembali dengan jaringan internet. Keren bukan? Sudah menyerupai Whatsapp saja.
Di aplikasi ini juga kita dapat melihat daftar kontak yang ada pada smartphone kita yang sudah mempunyai akun bukalapak loh! Makara dapat juga jadi media promosi lapaknya eksklusif ke sobat terdekat yang sudah ada di kontak kita!
Review ihwal aplikasi ini dapat Om Tante lihat juga di goresan pena Om @yukero di sini
Sayangnyaaaa….
Ada satu dilema yang menciptakan saya sempat jengkel dengan aplikasi ini, yaitu notifikasi chat yang double. Makara ketika ada pesan masuk, aplikasi bukalapak dan bukachat akan mengirimkan notifikasi yang sama di smartphone kita. Rasanya menggangu sekali, bukan?
Nah untuk mengatasi dilema itu, saya punya trik-nya.
Om Tante hanya perlu me-non-aktifkan notifikasi dari aplikasi bukalapak, dan set priority ke high/ON pada aplikasi BukaChat.
Caranya menyerupai ini…
Saya hanya tahu untuk versi android ya (Saya coba di Asus Zenphone), bila handphone lainnya mungkin dapat menyesuaikan dan untuk versi iOS iphone saya belum coba.
Ikuti langkah berikut:
  1. Masuk ke pengaturan / setting
  2. Ke Pengaturan Nada & Pemberitahuan (Sound & Notifications)
  3. Scroll ke bawah, pilih App Notifications
  4. Cari dan pilih aplikasi Bukalapak
baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!
  • Pilih Block maka semua notifikasi dari aplikasi Bukalapak, tidak akan muncul.
baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!
  • Back, kemudian pilih aplikasi BukaChat
  • Set Priority ON untuk Aplikasi BukaChat
Nah dengan begini, semua notifikasi chat yang masuk akan dengan cepat muncul di urutan teratas di handphone kita dari aplikasi BukaChat!
Dengan begini juga, lapak Om dan Tante akan selalu online loh! Selama HP-nya dalam keadaan hidup dan terhubung ke Internet. Keren, bukan?
Selamat mencoba ya, aplikasi yang wajib dimiliki semua seller Bukalapak BukaChat dapat Om Tante download di sini
Mungkin cukup sekian saja tips dan trik dari saya dalam meningkatkan respon selama ngelapak di Bukalapak tercinta baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat! baik saja dan lapaknya semakin laku anggun [Tips & Trik] Maksimalkan Fitur BukaChat: Respon Cepat, Penjualan Meningkat!
Sukses selalu untuk semua Lapak Om Tante,
Koreksi saya bila ada kesalahan di goresan pena ini ya…

Subscribe to receive free email updates:

ADS