ADS

Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop

Salam Buat semuanya,
Sambil nunggu dagangan laku manis di BL, mungkin saya ingin menyebarkan kepada sesama Bukalapakers wacana arti pentingnya foto-foto yg akan di publikasikan kepada buyer, biar toko kita melekat, pada hati para pelanggan.
Untuk itu , sebuah toko online harus mempunyai abjad foto yang menjadi ciri khas dari toko online nya tersebut. Foto-foto dari toko online yang dipublish ialah salah satu bentuk komunikasi kita kepada para pelanggan, dan komunikasi ini sanggup memperlihatkan tingkat kedekatan khusus antara kita OS owner, dengan para buyer.
Pada dasarnya saya pribadi, mengkategorikan 2 garis besar
  1. Foto pada produk itu sendiri
  2. Foto moment, yang sedang dikerjakan oleh OS kita.
untuk point nomor 2 ialah lebih ke branding.
namun gw coba mau bahas point nomor 1 dulu.
  1. Foto pada produk itu sendiri
Banyak sekali gw perhatikan online shop, menginginkan omset yang besar, jumlah transaksi yang ratusan bahkan ribuan, tetapi harapan ini masih belum terwujud dan menggantung, alasannya ialah foto produk nya tidak jelas, blur, gelap, aura lapaknya suram, orang hasilnya ngantuk dan malas untuk berbelanja. lah gimana mau sanggup jalan kalau foto barangnya asal-asalan, bahkan ada pengaruh pantulan cahaya, jadi silau. atau maunya ambil dari google fotonya …
Seperti kita belanja , niscaya lebih suka di daerah yang adem, di mall, nyaman, higienis tidak bau, dan saking nyamannya berbelanja hingga lupa sudah belanja berapa besar.
dalam online bizz, juga menyerupai itu, owner onlineshop harus paham dan mengerti ambience, / aura dari foto barangnya, sehingga buyer suka lihat detailnya, pengen klik buy, atau di klik next, lihat2, dan betah beralama2 dan belanja di display album foto kita.
mungkin ini sedikit tips, biar foto stabil,
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
tentunya, dalam sebuah foto produk yang sangat banyak jumlahnya, kita sanggup memakai Tripod, RemoteShutter, dan pencahayaan yang cukup sehingga tidak menghasilkan bayangan gelap, sehingga ini menjaga kualitas dari hasil foto yang ingin kita sajikan ke pelanggan.
ini ialah 2 pola hasil foto, biar pelanggan betah beralama2, tinggal di atur saja, backdrop nya ingin menyerupai warna apa…
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
Buang jauh-jauh presentasi produk kepelanggan memakai foto yang kurang tajam.
untuk setting studio jadi-jadian pun mudah, hanya perlu beberapa lampu neon saja,
ingat kita bukan ingin menciptakan perjuangan studio foto professional, tetapi ingin mengakali, biar barang yg kita jual ini kok elok dan rasanya sayang kalau tidak di beli.
itulah pesan yang ingin disampaikan kita sebagai owner online shop, kepada pelanggan.

Point ke 2 Adalah moment yang sedang dikerjakan kita, sebagai owner onlineshop, dan ingin kita share kepelanggan.
untuk point ke 2 ini, kita hanya perlu kamera hp android, ya kalau sempat foto dengan SLR, ya bisa, tapi pada dasarnya disini gambarnya tidak perlu bagus2, tetapi ingat point ke 2 ialah momentnya.
dalam foto moment ini jangan lebay, alasannya ialah harus senatural mungkin apa adanya dan ya memang itu yang sedang kita kerjakan. Foto moment ini ialah salah satu bentuk komunikasi kita kepada para buyer.
ini contoh2 foto moment :
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
foto diatas ialah moment pada ketika kita mengirim barang, diambil hanya dengan foto HP biasa, ini sanggup dijadikan alat promosi dan branding, dimana pada ketika itu kita pakai 2 kendaraan beroda empat untuk mengantarkan box icaltoys ke JNE.
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
foto diatas ialah ketika box sudah di tempelkan alamat dan siap untuk di kirim, moment ini tentunya tidak terjadi setiap hari, untuk itu sangat penting di abadikan dan dishare.
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
Foto diatas ialah pada ketika kita ikut event bazaar, moment2 semacam ini sangat perlu di abadikan, biar kita punya track record bahwa kita jualan bukan untuk main2, atau sampingan, tapi bener2 professional.
 Sambil nunggu dagangan laku manis di BL Pentingnya Sebuah Foto Untuk Presentasi Produk & Branding Online Shop
ini pada ketika order processing.
dan masih banyak lagi.

pada point 1, kita hanya perlu setting sekali dua kali,
ketika kau beli pringles / snack popcorn / lays -> kau beli alasannya ialah tersugesti oleh packingnya.
di era digital kini packing itu terbalik, packaging mu ialah foto produkmu !.
berapa banyak orang membeli minuman alasannya ialah warna kemasannya menarik? ambiencenya dapet, jadi dari segitu banyak display produk dari suatu gerai di supermarket, kenapa mala elo ambil botol yang itu? bukan sebelahnya ?, padahal kalau lo buka, minumannya lo tumpahin warnanya sama aja toh?. itulah filosofinya.
tetapi pada point 2,
kita harus mendokumentasikan apa yg kita telah berikan kepada para pelanggan, gunanya untuk apa?
point 2 sangat mempunyai kegunaan untuk viral marketing, visual marketing, dan ingat dari mata turun ke hati. di indonesia tak kenal maka tak sayang, otomatis, mau tidak mau onlineshop perlu menciptakan dokumentasi tahun demi tahun apa yang telah dilakukannya, dan bagaimana perkembangannya,
di point nomor 2 ini, apabila kita upload 1 foto saja ke FB, atau ke media social lain, orang yg lihat akan comment, likes, dan berdiskusi di foto tersebut, otomatis nama kita naik, dan tersebar ke orang yg tertarik dengan foto itu.
tentu saja, menyerupai FB, INSTA, atau bahkan profile BB, pun sanggup dijadikan alat biar orang merasa akrab dengan onlineshop kita, berapa banyak buyer pergi sehabis membeli, dan tidak balik lagi , alasannya ialah beliau lupa kalau kemarin beli sama siapa?..
disinilah pentingnya kita mengcapture moment2 seperti
  1. packing
  2. kirim barang
  3. event pekan raya / gathering
  4. random picture menyerupai jalanan macet, dsb
dan kita tinggal dengan mudahnya menambahkan caption comment, macet? ya beli dikita aja gk kena macet, or something else. foto-foto ini juga akan mempunyai kegunaan bagi kita owner onlineshop untuk refleksi diri dari tahun ke tahun sudah seberapa berkembangnya perjuangan online yg kita kelola, dari tahun sebelumnya?
ingat 1 gambar sanggup melukiskan ribuan kata-kata
Bagaimana kita sanggup yakin dengan bisnis onlineshop kita, kalau dari foto barangnya saja sudah suram :D
salam sukses
para BLers.

by icaltoys

Subscribe to receive free email updates:

ADS