Slamat siang para juragan.. Hanya sekedar menyebarkan pengalaman dalam berjualan online..
Berjualan online sama halnya dengan berjualan secara konvensional ibarat mendirikan toko atau kios , berjualan keliling hingga mengikuti pasar kaget . Semua itu dilakukan supaya terjadi agresi penjualan yang diinginkan oleh semua penjual supaya mendapatkan laba . Berjualan online bukanlah sebuah pekerjaan atau kasus yang gampang , melainkan membutuhkan kesabaran yang tinggi dan giat supaya sanggup berhasil , mengingat persaingan baik di ranah online atau konkret cukuplah sengit sehingga orang yang bertahan itulah orang yang akan sukses . Berjualan online memang tidak membutuhkan modal sehingga bisnis ini menjadi idola semua orang .
Bak pedagang konkret , pedagang online pun sanggup menggandakan sikap pedagang dalam memasarkan produknya mulai menggandakan cara pedagang asongan yang sanggup diterapkan di situs jual beli listing , menjadi pedagang pasar kaget yang sanggup diterapkan atau ditiru di lembaga jual beli dan grup jual beli facebook , hingga mendirikan toko dengan biaya mahal yang di dunia online sanggup kita referensi dengan mendirikan toko online ibarat lucumurah.com . Tapi ada metode unik dimana cara ini belum ada padanannya kalau di dunia konkret , yaitu berjualan di bulapak.
Berjualan di bukalapak itu unik alasannya ialah kita sebagai penjual tidak akan dipungut biaya apapun atas transaksi yang terjadi , memang cara ibarat ini ibarat dengan situs listing namun bukalapak bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli sebagai penengah . Maraknya agresi penipuan belanja online menciptakan sistem escrow atau rekening bersama merupakan cara sempurna untuk menghindari sistem penipuan . Karena faktor inilah , banyak penjual yang menjajakan produknya di bukalapak dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana . Memang , banyak penjual di bukalapak yang mempunyai omzet puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari hasil nebeng di situs orang lain .
7 tips berjualan di bukalapak supaya cepat laku
berjualan di bukalapak
Kemudahan yang ditawarkan bulapak antara lain kita mempunyai toko online sendiri yang buka 24 jam x 7 hari tanpa harus memikirkan biaya hosting , biaya seo dan lain-lain . Selain itu , kita tidak direpotkan dari pembeli yang merepotkan alasannya ialah ragu-ragu akan bertransaksi dengan Anda . Jika anda berniat untuk berjualan di bukalapak, dan berharap setiap hari selalu ada minimal 5 penjualan maka anda harus mengikuti tips-tips berikut ini supaya penjualan anda di bukalapak berjalan lancar . Berikut tipsnya :
Gunakan Foto yang berbeda
Seringkali kita mencari produk tertentu di bukalapak , namun foto produk tersebut sama semua antara satu sama lain sehingga kita dibingungkan alasannya ialah meskipun foto produknya sama tapi harganya beda-beda . Nah , kalau anda ingin berjualan di bukalapak atau situs sejenisnya , ada baiknya untuk memakai foto produk yang diambil sendiri . Ini untuk menawarkan ciri pada produk Anda , sehingga manakala harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal tetap akan menarik calon pembeli .
Selalu buka toko lebih awal
Anda jangan berharap akan ada penjualan meskipun harga barang Anda merupakan yang termurah kalau toko anda tidak buka . Status keaktifan toko dinyatakan 1 ahad yang kemudian atau 2 hari yang kemudian akan menciptakan calon konsumen enggan berbelanja di toko Anda . Beda halnya kalau status keaktifan toko anda ialah hari ini maka konsumen akan melirik meskipun harga yang anda tawarkan cenderung mahal .
Balas pesan dan diskusi produk secepatnya
Anda dituntut untuk cepat dalam merespon pertanyaan yang diajukan konsumen ibarat fitur pesan atau diskusi produk . Kebanyakan penjual bukalapak terkesan hirau , meski dikirim pesan atau diskusi produk tidak dibalas . Meskipun harga barang-barangnya murah kalau penjualnya hambar siapa yang mau belanja disitu ?
Hindari No Retur , No Cancel , No Complain
3 N yang sering muncul di deskripsi produk yang dijual di bukalapak ialah no retur , no cancel , no complain . Kesannya penjual itu tidak mau bertanggung jawab apabila barang sudah hingga di tangan konsumen , tentu konsumen tidak akan komplain kalau tidak ada duduk kasus barang yang ia beli . Anehnya, rata-rata penjual di bukalapak memakai kata-kata diatas untuk menyangkal keluhan konsumen sehingga konsumenlah yang dirugikan . Kalau anda berjualan ya harus mendapatkan keluhan atau masukan dari pembeli supaya bisnis anda terus maju .
.
DILARANG MENCantumkan no hp pada informasi toko
Pihak bukalapak memang BENAR MELARANG anda untuk memajang no ponsel secara terbuka yang sanggup dilihat publik . Namun , demi kebaikan ada baiknya anda TIDAK memasang informasi nomor kontak dan pembeli MELAKUKAN TRANSAKSI HANYA BERDASARKAN BL PAYMENT SYSTEM , SIAPAPUN YANG MELANGGAR BANNED PERMANENT AKAN MENANTI ANDA!!
edited by Momod
.
Aktifkan notifikasi email
Anda tidak sanggup menyalakan pc seharian ? nyalakan saja fitur notifikasi email pada ponsel bakir anda supaya anda mendapatkan pemberitahuan dari bukalapak entah penjualan , ada pesan gres , ada diskusi produk terbaru sehingga anda sanggup cepat membalas . Sekarang bukalapak sudah menyediakan aplikasi sehingga tidak ada alasan bagi anda untuk telat membalas pesan atau diskusi produk .
Jangan perang harga
Apabila anda melihat suatu produk contohnya X dan harga paling murahnya di bukalapak sebesar 40.000 rupiah maka jangan sekali-kali anda menurunkan harga produk tersebut ke level terendah contohnya 38.000 atau nyaris 30.000 rupiah . Memang , anda berpikiran bahwa dengan mendirikan harga murah akan terjadi penjualan dalam jumlah banyak namun itu hanya sesaat . Berjualan bukanlah sekali atau dua kali , namun terus menerus dan cara mendatangkan pembeli melalui banting-bantingan harga merupakan cara salah .