ADS

10 Cara Menimbulkan Pelanggan Sebagai Merk Ambassador

Era 2.0 telah menciptakan sikap orang berubah dari bangkit tidur hingga akan tidur lagi. Di sisi lain internet begitu bermanfaat, sanggup digunakan untuk menuntaskan problem pekerjaan secara efektif dan efisien, termasuk untuk membahagiakan pelanggan.

Pelanggan di periode kini ini sudah sungguh berbeda dengan periode beberapa waktu yang lalu. Di periode internet, para onliner tidak sanggup menunggu. Karena itu semoga pelanggan memiliki keterikatan yang tinggi pada suatu produk, maka merk tersebut harus sanggup memperlihatkan pelayanan yang tidak saja memuaskan namun dalam jangka panjang sanggup membahagiakan.
Pelayanan yang baik ini juga menguntungkan brand, alasannya ketika pelanggan memperoleh pelayanan yang baik, otomatis mereka akan menceritakan pengalamannya tersebut kepada teman, sahabat, keluarga dan tentu saja para follower-nya di social media.
Diam-diam tanpa diminta mereka telah menjadi ambassador gratis bagi merk tersebut. Namun sayang, masih banyak yang belum menyadari abjad internet ketika ini.
Baru-baru ini ternyata ada tips positif dari Slideshare channel BCA wacana berapa hal yang harus dilakukan semoga pelanggan makin cinta dengan brand, diantaranya adalah:
1) Menunjukkan sikap dan bahasa yang positif kepada pelanggan
Semua orang niscaya senang kalau diperlakukan dengan baik, dan hal itu sanggup ditunjukkan dengan melaksanakan hal-hal yang sederhana, contohnya dengan senyum ramah, tone yang lembut dan dekat tetapi tidak lebay dan kaku, apalagi dipaksakan.
2) Memahami produk, layanan perusahaan
Pelanggan akan merasa senang ketika memperoleh isu yang diinginkan, meskipun semuanya sudah dituliskan di web atau katalog. Beberapa pelanggan lebih suka berinteraksi pribadi dengan manusia, bukan dengan web meskipun mungkin ini lebih efisien.
3) Mengenali kebutuhan dan apa kesulitan konsumen
Sebagai pelanggan atau konsumen tentu akan merasa ada ikatan yang besar lengan berkuasa ketika semua kebutuhan atau kesulitan yang bekerjasama dengan merk sanggup diselesaikan dengan baik.
4) Menjadikan konsumen merasa penting dan dihargai
Setiap konsumen itu unik, memiliki latar belakang budaya, pendidikan yang berbeda. Sebagai merk layaknya menghargai dan menghormatinya. Karena setiap konsumen yang loyal akan memperlihatkan donasi kepada brand. Karena itu setiap konsumen harus memperoleh treatment yang spesial
5) Memberikan respon secepat dan setepat mungkin
Hal ini sangat penting di periode digital yang tidak sanggup menunggu ini, merk harus merespon keluhan, komplain, pertanyaan, kritik dan kebanggaan secepatnya. Karena onliner tidak sanggup menunggu. Dengan teknologi yang kini ini, merk harus menyediakan waktu unuk konsumen selama 24 jam.
6) Memberi layanan terbaik hingga melebihi ekpetasi konsumen
Memberikan surprise kepada konsumen atau pelanggan yakni salah satu cara untuk meningkatkan engagement. Penuhilah kesepakatan lebih dari yang diharapkan.



7) Jangan menjajikan sesuatu kecuali sanggup ditepati
Tak ada satu pun konsumen yang senang dibohongi. Karena itu sebaiknya harus hati-hati ketika memperlihatkan kesepakatan kepada konsumen,. Biasanya soal waktu, kesepakatan 24 jam ternyata molor hingga berhari-hari. Ini sangat mengecewakan.
8) Terbuka dan empatik dalam mendapatkan kritik
Biasanya orang enggan mendengarkan kritik, padahal bahwasanya mereka yang suka mengkritik yakni konsumen yang masih peduli dengan brand. Kritikan mereka kadang sanggup menjadi masukan yang sangat berharga buat brand. Karena itu merk harus sanggup mendapatkan dengan baik.
9) Segera selesaikan problem sebelum bertambah rumit
Lebih cepat lebih baik, istilah ini sangat cocok untuk menangani keluhan atau pertanyaan konsumen. Dengan menuntaskan problem secepatnya, konsumen merasa tidak diabaikan. Sehingga konsumen tidak akan menceritakan pengalaman buruknya ini ke semua orang di social media.
10) Memberikan apresiasi kepada pelanggan
Pelanggan yang puas memperoleh pelayanan dari brand, otomatis mereka akan menceritakan pengalamannya itu kepada teman, sahabat, kerabat dan followernya di social media secara terus-menerus. Mereka yang telah secara tidak pribadi menjadi merk ambassador merk layak diberikan apresiasi. Seingga mereka akan lebih bersemangat menjadi influencer di komunitasnya.
Mungkin ada pemanis dari Om dan Tante Juragan yang lain?

Subscribe to receive free email updates:

ADS