ADS

12 Kebiasaan Orang Sukses Yang Harus Anda Tiru


Banyak orang menyampaikan bahwa setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi orang sukses dan ini memang benar. Hal ini memang benar, dan nyatanya hanya sedikit orang yang bisa memanfaatkan kesempatan tersebut sehingga balasannya menjadi sukses dan banyak juga diantara mereka yang malah menyia-nyiakannya sehingga mereka menjalani kehidupan monoton dan biasa saja.
Kali ini Marc, penulis blog terkenal Marc and Angel telah mempelajari kebiasaan dari banyak orang sukses dan membuat kesimpulan ternyata mereka semua mempunyai kebiasaan yang berbeda dalam menjalani hidupnya untuk meraih sebuah sukses dan berikut adalah 12 hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses yang harus anda tahu :

1. Mereka membuat dan berusaha memenuhi sebuah sasaran S.M.A.R.T.

Orang-orang yang sukses yaitu orang-orang yang objektif. Mereka selalu mempunyai sebuah sasaran yang realistis dalam pikirannya. Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan berusaha untuk mengejar hal tersebut. Untuk itu mereka biasanya membuat sebuat sasaran S.M.A.R.T. dan berusaha mewujudkannya.

Menurut Marc, sasaran S.M.A.R.T. yaitu Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Timely. Mari kita bahas satu per satu.
Spesific sasaran yang ingin anda capai haruslah spesifik, tentukan batasannya dan jangan hingga sasaran yang akan dipenuhi meluas. Target yang lebih spesifik mempunyai kesempatan untuk anda penuhi dan anda selesaikan lebih besar dibanding sasaran yang umum.
Measurable tidak hanya spesifik, anda juga harus membuat sasaran tersebut sanggup diukur secara logis untuk mengetahui proses dari sasaran anda. Tanyakan kepada diri anda, ibarat berapa banyak? berapa lama? Sehingga anda bisa mengetahui kapai sasaran tersebut terpenuhi.
Attainable anda harus membuat sasaran yang objektif atau dengan kata lain sanggup ada capai dan selesaikan atau dengan kata lain sasaran tersebut harus realistik dan anda tahu cara menuntaskan sasaran tersebut.

Relevant Target yang relevan maksudnya yaitu apakah sasaran tersebut penting dan bisa anda capai serta sesuai dengan diri anda.

Timely Hal ini merupakan hal penting. Waktu, anda harus mempunyai sebuah deadline atau tenggat waktu dari setiap sasaran yang anda buat. Ini akan membantu anda untuk lebih fouks kepada perjuangan anda sehingga sanggup menyelesaikannya sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Jika anda ingin berhasil dan sukses, anda harus bisa membuat sasaran anda menjadi sasaran yang S.M.A.R.T. sebab nantinya sasaran ini akan membantu dan memperlihatkan motivasi kepada anda untuk berusaha menuntaskan sasaran tersebut.

Setiap orang yang sukses atau berusaha ingin sukses harus mempunyai sasaran dalam hidupnya. Jika sasaran anda yaitu sebuah kesuksesan, maka ukur kesuksesan tersebut, buat lebih spesifik, jadikan objektif dan relevan dan buat deadlinenya.

Mulailah dengan sebuah sasaran kesuksesan yang kecil, jikalau anda seorang penjual sepatu. Tentukan berapa yang harus anda jual dalam satu hari, contohnya sasaran anda menjual 1 pasang sepatu setiap hari. Capailah sasaran tersebut terlebih dahulu, sehabis anda berhasil tingkatkan menjadi 5 pasang. Jika berhasil lagi tingkatkan menjadi 10 pasang. Sampai balasannya anda sanggup menjual jutaan pasang sepatu setiap harinya dan menjadi seorang pengusaha sepatu yang sukses.

2. Mereka selalu berani mengambil tindakan tegas dan segera.

Perlu anda tahu, menjadi pandai tidak memilih anda akan menjadi orang yang sukses. Hanya orang berani melaksanakan tindakan untuk merubah dirinya yang sanggup menjadi orang sukses dan mereka memanfaatkan orang-orang pandai untuk bekerja kepada mereka.

Siapa itu Bill Gates? Dia hanyalah seorang mahasiswa yang drop out dari sekolahnya dan melaksanakan sebuah tindakan dengan membuat sebuah software yang balasannya mengubah dunia ini. Hasilnya? Dia berhasil sukses dengan perusahaan Microsoft yang didirikannya,

Siapa itu Richard Branson? Dia hanyalah seorang penderita diseleksia yang dikeluarkan dari sekolahnya dan dengan berawal dari menjual majalah, balasannya ia berhasil membangun sebuah kerajaan bisnis bernilai miliaran dollar, berjulukan Virgin Group.

Kaprikornus anda hanya perlu berani membuat tindakan tegas untuk merubah hidup anda atau bahkan hidup orang lain menjadi lebih baik dan menjadi orang yang sukses. Semua pengetahuan dan kecerdasan bergotong-royong tidak berkhasiat sama sekali tanpa ada sebuah tindakan. Simpel kan?

3. Mereka fokus menjadi produktif, bukan menjadi sibuk.

Menjadi orang yang sibuk belum tentu akan membuat anda menjadi orang yang berhasil, tapi dengan menjadi orang yang produktif pastinya akan membuant anda sukses.

Work smarter, not harder. Mungkin ini yaitu ungkapan yang tepat untuk kini ini. Bagaimana anda mengubah kesibukan anda menjadi sebuah produktifitas? Mudah. Tenangkan diri anda, review semua kesepakatan dan sasaran yang sedang anda ingin capai.

Buatlah prioritas dari tugas-tugas anda, dan lakukan kiprah tersebut satu per satu mulai dari yang terpenting. Berikan diri anda untuk beristirahat disela-sela kiprah satu dengan kiprah lainnya.
Ingat hasil yaitu yang paling penting dibanding waktu yang anda capai untuk meraih hasi tersebut.

4. Mereka membuat keputusan yang logis dan objektif.

Kadang orang yang sukses sanggup meruntuhkan semua yang telah ia bangun bertahun-tahun hanya dengan sebuah keputusan yang emosional, dimana ia sangat dipengaruhi perasaannya dalam mengambil keputusan tersebut.

Emosi atau perasaan memang memperlihatkan sebuah warna yang berbeda dalam kehidupan kita. Emosi juga sanggup membuat kita melaksanakan hal yang salah, terutama dalam membuat sebuah keputusan.

Satu hal yang perlu diingat yaitu jangan hingga emosi anda menguasai kecerdikan dan logika anda dalam mengambil sebuah keputusan. Jika hal ini terjadi, tenangkan dulu diri anda, hingga anda sanggup berpikir dengan jernih, sehabis itu gres anda membuat keputusan.


5. Mereka menghindari untuk membuat segala hal menjadi sempurna.

Kesempurnaan memang menjadi tujuan setiap orang dalam menuntaskan kiprah atau sasaran yang dicapainya. Tapi kesempurnaan itu juga membuat seseorang terlalu banyak menghabiskan waktu dan perhatian untuk membuatnya dan juga menjaganya, hingga balasannya mereka melupakan hal lain yang seharusnya mereka lakukan.

Seorang perfeksionis sangat menyukai sebuah kesempurnaan dalam hidupnya dan mereka juga selalu sulit untuk memulai suatu hal atau bahkan menyelesaikannya. Karena intinya mereka selalu mempertimbangkan matang-matang suatu hal sebelum mereka memulai atau menuntaskan hal tersebut.

Ingat, untuk menjadi seorang yang sukses tidak selalu harus menjadi orang perfeksionis, anda hanya perlu berani memulai dan menuntaskan sasaran anda, dan berusaha memperbaiki hasil dan proses yang anda lalui semoga semakin baik dan semakin baik. Lagi pula tidak ada yang tepat di dunia ini, iya kan?

6. Mereka bekerja diluar zona nyaman mereka.

Mereka yang sudah sukses kini ini, sebab mereka bisa bekerja atau melaksanakan sesuatu diluar zona nyaman mereka. Orang-orang ini berani mengambil kesempatannya untuk mengubah hidup mereka, dan juga berani untuk mendapatkan kegagalan yang jarang bisa diterima oleh orang-orang yang berada di zona nyaman.

Jika anda merasa hidup anda kini ini cukup membahagiakan dan terjamin, maka ketika ini anda berada di zona nyaman. Untuk menjadi orang yang sukses, anda harus berani keluar dari zona tersebut dan melaksanakan sebuah tindakan perubahan serta mendapatkan resiko sebuah kegagalan.

Perlu diingat, orang yang sukses yaitu orang yang bisa mendapatkan sebuah kegagalan yang mereka hadapi dan bangun kembali untuk mewujudkan impiannya.

7. Mereka menyebabkan sesuatu lebih sederhana

Leonardo da Vinci pernah menyampaikan Simplicity is the ultimate sophistication. artinya kesederhanaan yaitu sebuah kesempurnaan. Sesuatu yang sederhana dan simple tidak berarti berkualitas buruk, kadang hal tersebut memperlihatkan manfaat yang berkhasiat bagi setiap orang.

Di jaman modern ini, gosip sangat cepat bergerak dan muncul banyak penemuan yang tiada batasnya. Sayangnya hal ini membuat sebuah komplikasi, kesulitan dan juga konflik kebingungan.
Orang yang ketika ini telah meraih kesuksesan berusaha selalu membuat sesuatu menjadi sesederhana mungkin sehingga gampang dimengerti dan juga dipahami.

8. Mereka berfokus membuat sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti.

Mulailah dengan suatu perubahan yang kecil, dengan mimpi yang besar. Tidak ada seorang pun yang bisa membuat hal besar eksklusif dalam sekejap mata. Semua itu dimulai dari sesuatu yang kecil dengan pengembangan tanpa henti, sebab jikalau terus dikembangkan hal yang kecil juga lama-lama bisa menjadi besar.

Jika anda mulai dengan hal yang kecil, anda tidak harus membutuhkan banyak motivasi dan sumber-sumber untuk membuat hal tersebut. Setelah hal yang kecil tersebut tercipta, mulai kembangkan dan terus kembangkan hingga lama-kelamaan hal tersebut menjadi sebuah hal yang besar dan sanggup mengubah orang-orang di dunia.

9. Mereka selalu mengukur dan melihat proses dari sasaran mereka.

Orang-orang yang sukses tidak hanya bekerja di bisnis mereka, tapi mereka juga bekerja dalam bisnisnya. Mereka selalu mengevaluasi apa yang mereka telah lakukan. Mereka juga mengukur posisi mereka dengan sasaran yang akan mereka capai dan berusaha mengetahui bagaimana cara meng-improve-nya.

Anda tidak sanggup mengontrol apa yang anda tidak ukur dan ketahui. Jika anda bisa melihat dimana posisi anda ketika ini, anda bisa menetapkan apakah cara anda sudah benar atau anda berada di jalan yang salah. Dengan begitu anda sanggup memperbaiki cara anda dalam mencapai sasaran tersebut.

Coba ukur setiap tindakan yang anda lakukan, catat proses tersebut semoga anda sanggup mengingatnya. Lalu memutuskan sasaran yang ingin anda capai dan ukur apakah anda sudah mencapai sasaran tersebut atau belum. Jika belum, pastinya ada sesuatu yang salah yang anda lakukan dan anda harus memperbaikinya semoga anda bisa mencapai sasaran tersebut.

10. Mereka berkonsentrasi kepada hal yang positif dan juga berguru dari kesalahan mereka.

Orang-orang sukses yaitu orang-orang yang bisa berpikir positif dan berkonsentrasi pada hal positif tersebut. Mereka tahu kepositifan mereka bisa membawa mereka kepada sebuah kesuksesan.

Kehidupan ini selalu mencoba menguji anda apakah anda akan terus berpikir positif atau malah berpikir negatif. Ujian itu yaitu kegagalan. Jika anda berpikir positif, anda akan melihat kegagalan tersebut yaitu sebuah kesempatan dan sebaliknya jikalau anda berpikir negatif, anda akan melihat kegagalan yaitu final dari semuanya.

Belajarlah dari kegagalan dan jadikan itu kerikil loncatan anda untuk maju lebih jauh lagi. Jangan hingga pikiran negatif menguasai anda dan melumpuhkan diri anda untuk menjadi orang sukses.


11. Mereka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang benar.

Pernahkah anda melihat seorang eksekutif dari sebuah perusahaan multinasional bergaul dengan preman? Tentunya tidak. Dia pastinya akan bergaul dengan orang-orang profesional dan ahli.

Orang-orang sukses selalu menghabiskan waktu mereka untuk bergaul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sama dengan mereka, bisa mendukung mereka dan juga satu bidang dengan mereka. Mereka membuat sebuah ikatan sosial yang sanggup memunculkan energi gres bagi mereka dan membuat mereka bisa meraih sasaran mereka.

Sebenarnya sangat sederhana, pergaulan anda akan memilih menjadi apakah anda. Jika bergaul dengan orang-orang yang salah, anda akan menerima energi negatif yang akan membuat anda menjadi negatif, begitu juga sebaliknya. Pastikan anda berafiliasi dengan orang yang bisa mendukung anda untuk mencapai apa yang ingin anda raih.


12. Mereka berusaha menyeimbangkan kehidupan mereka.

Kadang ada orang yang berhasil membuat sukses bisnisnya dan mempunyai banyak uang, namun disisi lain ia tidak senang sebab tidak mempunyai cinta dalam dirinya dan membuatnya kesepian. Atau seorang yang sangat senang sebab dikelilingi orang yang bisa mengasihinya, tapi sayangnya orang tersebut harus bekerja keras untuk mendapatkan uang.

Jangan hingga anda terjebak dalam hal ini. Pastikan hidup anda seimbang baik untuk bisnis, sosial, keluarga dan cinta. Jika anda terlalu berfokus kepada bisnis anda, pada balasannya anda akan menyesal sebab hal tersebut. Berikan waktu kepada diri anda untuk menikmati hal-hal lain yang harus anda rasakan, jangan hingga uang membutakan pikiran anda.

Keseimbangan ini juga membantu diri anda untuk lebih senang dalam hidup, sebab satu hal yang niscaya orang sukses yaitu orang yang bisa membuat dirinya senang dalam segala aspek hidupnya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS