ADS

Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik

Assalamualaikum Wr. Wb, Om-Tante, di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
skip skip skip

Tulisan saya kali ini ingin membahas ihwal Teknik Copywriting. Untuk Om-Tante yang belum tau apa itu copywriting, silakan disimak pembahasan saya kali ini.
Kalau definisi dari google / wiki, agak ribet penjelasannya,
Copywriting yakni salah satu teknik marketing yang digunakan untuk menghasilkan penjualan (closing) dengan media goresan pena persuasif yang sanggup men-sugesti calon pembeli / konsumen untuk melaksanakan pembelian / order dari produk yang ditawarkan.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Paham?
Kalau saya sih pusing. Hahaha
Intinya, tujuan dari copywriting yakni bagaimana kita menciptakan calon pembeli kita hanya dengan sekali baca, sanggup pribadi tetapkan untuk membeli barang kita SAAT ITU JUGA.
(minimal ngechat atau nanya ini ready gan? ya  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik)
Caranya bagaimana?
Caranya yakni Om dan tante harus tahu bagan penulisan, pemilihan judul, dan pokok-pokok apa saja yang harus ada pada deskripsi produk kita, dan kata-kata apa saja sih yang biasa digunakan untuk itu?
Mari kita bahas satu-per-satu.
1. JUDUL
Sebelum masuk ke Copywriting, saya sekalian bahas sedikit ihwal SEO (search engine optimization) tidak apa ya..
Ada yang bilang, judul harus banyak kata, ada juga yang bilang kepingan judul haruslah singkat terang dan padat yang penting spesifikasi produknya masuk semuanya.
Jika ibarat itu, kemudian bagaimana dengan seller yang menjual gadget (misalnya) iphone 6+, apakah ia harus menulis semua spesifikasi fitur yang ada disana?
iPhone 6+ retina display kamera bagus, memory 64 GB, bluetooth, sanggup SMS dan telpon loh!
Tidak ibarat itu kan?
Menurut saya tidak ada yang salah, dan tidak ada yang sepenuhnya benar, semuanya sanggup dikatakan benar, tetapi belum tentu efisien.
Judul produk yang baik yakni yang tidak melebihi dari 70 karakter.
Kenapa?
Karena SEO hanya akan mencari maksimal 70 karakter saja dari apa yang ada pada header (judul), dan hanya 3 kata kunci awal yang akan terbaca (atau masuk ke halaman pertama mesin pencari), sisanya akan dijadikan metadata dari lapak (pendukung).
NOTE : ini yang saya tau sih, CMIIW ya  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik)
Jadi, gunakanlah pemilihan judul yang efisien, pastikan 3 kata pertama judul produk Om-Tante sanggup mewakili produknya.
Ingat ya, hanya 3 kata pertama.
Pemilihan judul di lapak Bukalapak.
Bukalapak mempunyai SEO yang otomatis menuliskan kata JUAL untuk setiap produk yang kita upload. Kaprikornus kita tidak perlu menuliskan lagi kata JUAL pada awal judul produk kita. Karena sekali lagi, ingat, maksimal itu 3 kata pertama! Jangan boros! Hahaha kita lanjut ke pola ya
-> Contoh lapak (maaf kalo contohnya pake produk saya hehehe  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik :
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Pada lapak 1-5, judulnya singkat kan? Dan pada lapak 6 judulnya terlalu panjang (Yang nomor 6 lapak usang saya, sebelum saya gabung komunitas pelapak hehehe jadi masih newbie banget penulisannya)
Sekarang kita lihat pengaruhnya pada SEO Bukalapak.
Kita search di kolom cari produk, 3 kata yang merujuk ke judul produknya, keyword “Jaket Kulit Ariel”
Dan…

 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
TADAAAAAAAAAAAAAA
Lapak saya bertengger di page pertama (walaupun bukan yang pertama banget sih, tapi pribadi 3 produk berbeda!
(Abaikan kepingan paling atas promoted product ya! Karena kalau yang kepingan itu BAYAR!! Sekarang kita lagi bahas yang gratis-gratis aja dulu hehehe)
Produk “Jaket kulit ariel” di Bukalapak itu hingga 66 page! Jika 1 page saja terdiri dari 20 produk biasa dan 10 produk promoted, maka ada hampir 2000 produk yang sama bukan?
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Contoh lapak di atas sanggup ada di page one bukan sebab push, kalau push itu beda lagi, itu akan masuknya ke kategori / sub-kategori (dan bukan ke sajian search) *Om-tante master SEO niscaya tau bedanya  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Sekarang kita lanjut ke pokok pembahasan kita berikutnya,

2. DESKRIPSI PRODUK
Nah bergotong-royong inilah yang paling utama yang mau saya tekankan pada diskusi ini.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Copywriting sangat berperan pada deskripsi produk Om dan Tante.
Bagaimana sehabis pembeli sudah klik dan masuk ke lapak kita, ia sudah tertarik melihat foto produk kita di halaman depan, dia PASTI akan baca ke bawah (ke kepingan deskripsi), disaat membaca deskripsi inilah penentuan apakah ia akan beli atau tidak.
Bagaimana kita men-suggest calon pembeli semoga membeli produk kita?
POLA / Struktur Deskripsi Produk
Langsung ke pola aja ya, ketika ini kita asumsikan calon pembeli sudah tertarik dengan foto produk kita ya. (Kalo ga tertarik sama foto produk yang kita pajang, ngapain ia klik?? Hahhaha iseng banget sih lu, Tong hahahha  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Oke, kini fokus lagi
Sampai disini, calon buyer sudah masuk ke lapak kita, dan sudah melihat foto produknya, maka selanjutnya ia akan membaca deskripsi produk kita.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik

 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Bagian yang merah yakni klarifikasi pembuka (yang biasanya agak sedikit lebay, kita harus infokan keunggulan dan manfaat jikalau membeli produk kita,INGAT: Harus jujur, jangan pernah melaksanakan penulisan yang berujung pada penipuan sebab deskripsi yang tidak jujur ya.
Kalau sanggup sehabis nulis kepingan ini, Om Tante baca ulang, kalo Om Tante “ngangguk-ngangguk”, atau berkata “oh gitu” dalam hati, berarti penjelasannya sudah cukup oke)
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Bagian yang biru yakni detail atau isu produk yang Om-Tante jual, pastikan Om-Tante AHLI dan tau seluk-beluk produknya, sebab itu penting untuk meyakinkan calon pembeli.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Bagian yang hijau yakni bonusan. Beri abjad kapital pada goresan pena FREE atau GRATIS! Karena biasanya mata akan menuju kesana dan pribadi fokus lagi (setelah calon buyer mulai bosan membaca kepingan isu produk yang cukup panjang dan terlalu teknis, sebab biasanya banyak angka di kepingan spesifikasi produk, otomatis fokus calon buyer sudah mulai turun). Disana saya menuliskan FREE Box Exclusive, kemudian dibwahnya saya meminta calon buyer mengecekSEKALI LAGI foto produknya. CEK FOTO PACKAGINGNYA GAN
UNTUK APA??
Percaya atau tidak, saya tes ke 4 temen saya untuk membaca, ia benar scroll ke atas, kemudian melihat foto-fotonya sekali lagi, saya letakan foto packaging di foto terakhir semoga calon buyer melihat dari awal lagi foto-fotonya.
Sampai disini buyer sudah semakin tertarik dengan produk yang ia search di sajian search dan sudah mengarah ke lapak kita.
Sampai disini juga kita sudah menciptakan calon buyer melihat foto produk kita DUA KALI.
Sekarang saatnya kita pastikan ia semoga tidak ragu untuk membeli.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
What you see is that what you get, Gan! Barang sanggup dikembalikan jikalau tidak sesuai dengan display.
Kurang tegas apalagi?? Kita sebagai seller menawarkan jaminan kalau barang sanggup dikembalikan jikalau tidak sesuai dengan apa yang ia lihat.
Sampai disini buyer sudah semakin yakin dengan apa yang ia cari, apa yang ia lihat, apa yang ia baca. Tapi masih ada keraguan untuk membeli sebab saya menambahkan lagi kalimat sakti pada simpulan deskripsi produknya,
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Stoknya terbatas, _____ jadi buruan diorder SEKARANG!
Setelah baca itu, biasanya calon buyer akan PM kita, “ini ready gan?” Untuk memastikan bahwa stoknya ada. Kalimat epilog ibarat itu juga sanggup mencegah adanya penolakan order sebab stok yang kosong, sebab calon buyer biasanya akan nanya dulu stoknya ada atau tidak.
Dan pada akhirnya, yang ditunggu pun tiba….
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Di screenshot tersebut calon buyer nanya stok produk, tapi kebetulan kosong, alhasil ia acak-acak lagi lapak saya, dan ada yang buat ia tertarik alhasil nanya sekali lagi produk yang lain, dan kebetulan ready stock.
Oke pribadi order ya
Akhirnya CLOSING pun terjadi.
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Semua berujung pada penjualan, PADA HARI ITU JUGA, SAAT ITU JUGA
Bagaimana??
Silakan dicoba cara saya yang satu ini. Saya sudah praktekan cara ini mulai April 2016 kemarin, dan cukup ampuh, respon Om dan tante WAJIB cepat ketika calon buyer bertanya stok, InsyaAlloh didukung dengan doa dan bismillah dulu, calon buyer akan jadi beli.
Kurang lebihnya itulah tips dan trik saya kini dalam hal menulis judul dan deskripsi, kalau dulu-dulu sih asal upload aja hehehe
Jika Om-tante punya saran masukan, sanggup juga tulis di komentar ya..
Sekian dulu dari saya, mohon maaf jikalau ada yang kurang dari goresan pena ini, saya hanyalah seller butiran debu yang tidak ada apa-apanya dibanding para juragan disini.

Sekilas ihwal bukalapak dari jaman saya bikin akun….

Ini lapak pertama saya, 20 Oktober 2013  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Satu tahun lamanya saya menanti order, tiba-tiba ada SMS Pesanan Baru! 21 Oktober 2014! 1 th Anniversary saya dengan bukalapak dirayakan dengan pesanan baru  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Satu tahun berjuang, alhasil saya naik jadi Pedagang besar pada 19 Mei 2015
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Ga hingga disitu aja, hingga simpulan bulan Februari 2016 saya ikut kopdar Akbar di Bogor dan alhasil gabung ke Komunitas Pelapak Bogor pada Maret 2016.
Jujur tadinya males banget jualan online mesti ada kumpul-kumpul segala, ada grup yang bikin berisik dan nambah-nambahin notif. Tapi udah jalan 1-2 bulan saya gabung dengan temen-temen Komunitas, banyak manfaat dan tips-tips untuk ngelapak yang tidak saya tau selama ini ketika masih “Jualan Sendirian
Dalam beberapa bulan saja, dengan ngerangkum semua masukan, semua saran, semua sharing-sharing dari temen-temen disini, lapak saya Alhamdulillah naik dengan cukup pesat dibanding waktu masih “Jualan Sendirian
Dan beginilah lapak saya kini yang hanya butiran debu ini  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
 di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Zoom: klik kanan - open image in new tab
Alhamdulillah dulu langganan nolak pesanan, kini sanggup dapet “tidak pernah menolak pesanan”  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik
Semoga saja sebelum Anniversary saya yang KETIGA TAHUN bersama bukalapak, saya sudah sanggup naik jadiJuragan mengikuti jejak Om dan Tante semuanya  di simpulan goresan pena ini akan saya bahas ihwal saya Teknik Copywriting Bikin Omzet Naik

Kaprikornus kepanjangan curhat deh, maaf ya Om-Tante hehehe
Mungkin sekian dulu tips dan trik yang saya pakai di lapak saya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi bagi semuanya yang membaca dari atas hingga bawah.
Jangan lupa untuk gabung ke komunitas regional lapaknya ya. InsyaAlloh banyak manfaatnya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS