ADS

Menjadi Seorang Wirausaha Talenta Atau Keterampilan?



Suatu ketika saya pernah berbincang dengan teman saya, yang pada ketika ini kami mempunyai profesi yang sama yaitu sebagai karyawan. Kala itu topik pembicaraan ialah seputar dunia bisnis atau lebih tepatnya Berwirausaha. Menurut padangannya, Seorang Wirausaha itu merupakan talenta atau berdasarkan garis keturunan. Menurutnya, bahwa seorang pengusaha itu hanya bisa dijalankan oleh kalangan atau etnis tertentu saja

Mendengar pemaparannya tersebut, saya lantas tidak pribadi menyetujui dan mengiyakan. Karena berdasarkan saya, Seorang Wirausaha itu ialah keterampilan, hobi dan kegemaran yang bisa dipelajari dan dilatih dalam diri kita. Sebagai contoh, seorang yang gemar dalam berjualan, akan tetap berjualan tatkala ia telah mempunyai pekerjaan, pembelinya ialah orang terdekat yaitu rekan-rekan satu kantor.

Masing-masing diantara kami berdua mempertahankan argumennya dengan aneka macam alasanyang tentunya masuk akal.
Menjadi Seorang Wirausaha Memerlukan Keterampilan
Menjadi Seorang Wirausaha memang sesuatu yang menjadi pujian dan terhormat alasannya sanggup membuat lapangan kerja bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Namun menjadi seorang karyawan juga pekerjaan yang bermartabat. Saat ini, pemerintah juga lebih gencar mengkampanyekan wirausaha melalui kementrian terkait, bahkan di Indonesia sudah ada universitas yang khusus membuat wirausahawan (entrepreneurship) muda yang handal dan tangguh.
Sekarang mari kita intip pengertian, serta sifat serta ciri dari seorang wirausaha berdasarkan sumber yang tentunya terpercaya:

Menurut Om Wiki, Wirausahawan (entrepreneurship) ialah proses mengidentifikasi, menyebarkan dan dana membawa visi ke dalam kehidupan. Visi terebut bisa berupa pandangan gres inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil selesai dari proses tersebut ialah penciptaan usaha gres yang dibuat pada kondisi resiko atau ketidakpastian.
Kewirausahaan berasal dari kata wira dan usaha. Wira berarti pejuang, pahlawan, insan unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Sedangkan usaha berarti perbuatan amal, bekerja dan berbuat sesuatu, sehingga sanggup disimpulkan bahwa wirausaha ialah pejuang atau satria yang berbuat sesuatu.

Ciri-ciri dan Sifat Kewirausahaan:
Untuk sanggup mencapai tujuan yang diharapkan, maka setiap orang wajib mempunyai ciri-ciri dan juga sifat-sifat dalam kewirausahaan. Ciri-ciri seorang wirausaha:
  1. Percaya diri
  2. Berorientasi pada kiprah dan hasil
  3. Berani mengambil resiko
  4. Kepemimpinan
  5. Keorisinilan
  6. Berorientasi pada masa depan
  7. Jujur dan Tekun
Sifat-sifat seorang wirausaha adalah:
  • Memiliki sifat keyakinan, kemandirian, individualitas dan optimisme.
  • Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, mempunyai ketekunan dan ketabahan, mempunyai tekad yang kuat, suka bekerja keras, energik dan mempunyai inisiatif.
  • Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan.
  • Bertingkah laris sebagai pemimpin, sanggup bergaul dengan orang lain dan suka terhadap kritik dan saran yang membangun.
  • Memiliki penemuan dan kreativitas tinggi, fleksibel, serba bisa dan mempunyai jaringan bisnis yang luas.
  • Memiliki persepsi dan cara pandang yang berorientasi pada masa depan.
  • Memiliki keyakinan bahwa hdup itu sama dengan kerja keras.


Sikap seorang Wirausaha:
  1. -Disiplin
  2. -Komitmen tinggi
  3. -Jujur
  4. -Kreatif dan inovatif
  5. -Mandiri
  6. -Realistis
  7. Tahapan dalam berwirausaha:
  8. -Tahap memulai
  9. -Tahap melakukan usaha
  10. -Tahap mempertahankan usaha
  11. -Tahap menyebarkan usaha


Berdasarkan hasil pemaparan dari Om Wiki diatas, sanggup diambil kesimpulan sebagai berikut:
Menjadi Seorang Wirausaha merupakan sebuah keterampilan yang bisa dipelajari. Ini mengambarkan bahwa ada proses yang begitu panjang yang membentuk seorang pebisnis yang handal dan tangguh. Yang menjadi kata kunci dalam suksesnya seorang wirausaha ialah keterampilan, ketekunan, ketangguhan yang dimiliki. (baca wacana Sifat, Ciri, Sikap Seorang Wirausaha pada bab atas)

Berwirausaha butuh proses, perjuangan, kerja keras, ketekunan, ketangguhan jadi tidak instant. Untuk itu menjadi seorang wirausaha yang sukses tidaklah segampang membalikan telapak tangan atau tidak semudah berbicara. Banyak orang bisa untuk bericara tetapi sulit untuk melakukan sebuah usaha yang hendak digeluti.

Artike ini saya dedikasikan untuk para wirausaha yang ketika ini seang memulai tahapan dalam berwirausaha. Semoga artikel ini sanggup menjadi Inspirasi Anda dalam berwirausaha, pada dasarnya menjadi seorang wirausaha bukan Cuma bakat, melainkan suatu keterampilan yang bisa dipelajari.
Salam sukses

Subscribe to receive free email updates:

ADS