ADS

Strategi Jitu Melaksanakan Promosi Produk Dan Meledakkan Omzet

"Mungkin agan-agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di internet, tapi sayangnya sejauh yang saya temuin, masih sedikit cara dan panduan yang berkualitas dan menjawab semua pertanyaan saya"

Biasanya cara yang lain itu cuma kasih setengah setengah alias gak lengkap.
Tapi berbedadengan panduan atau cara yang lagi lu baca kini ini. Gua jamin buat lu para pemula, para pengusaha yang gres mau terjun ke dunia online, bakal sanggup pencerahansecara lengkap, gak setengah setengah. :p
Miris, sesuai pengamatan gua selama ini, masih banyak para pelaku bisnis kecil menengah yang kurang kreatif dalam mempromosikan produk mereka.
Cara promosi yang dipakai ya gitu gitu aja. Kalau gak diskon, ya beli 1 gratis 1.
Makanya masuk akal kalau semakin ketatnya persaingan, banyak pebisnis yang malah kehabisan ilham untuk bisa menarik perhatian pelanggan secara higienis dan sehat.
Dan yang paling miris, ujung ujungnya gak jauh dari membanting harga dan merusak kondisi pasar.
Padahal, masih banyak cara promosi yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan, supaya mereka melaksanakan pembelian, dan tetap bersaing secara sehat.
Semua cara promosi yang akan gua paparkan pada artikel ini merupakan satu kesatuan dari Sales Promotion (promotion mix).
Ada baiknya lu memahami terlebih dulu apa itu Sales Promotion.
Menurut A.H.R. Delens, > sales promotion berarti langkah apapun yang diambil dengan tujuan meningkatkan penjualan. Sering kali sales promotion ini dipakai untuk melengkapi personal selling dan advertising supaya hasilnya lebih efektif.
Sedangkan pada artikel Brooklyn College disebutkan bahwa
sales promotion yaitu bujukan atau trik yang bertujuan untuk meningkatkan terjadinya pembelian produk atau jasa.
Kesimpulannya, sales promotion itu bukan mengenai advertising, social media, direct mail (direct marketing).
Dan bukan juga mengenai trik personal selling menyerupai penawaran, menghubungi pelanggan, membangun hubungan, teknik closing dan sebagainya.
Tapi sales promotion itu adalah: bagaimana caranya menciptakan sasaran audience menjadi sangat tertarik dengan apa yang lu tawarkan, sehingga jadinya mereka ingin melakukan pembelian sesegera mungkin.
Ok cukup teorinya lantaran gak akan memberikan dampak besar untuk bisnis lu.
Berikut Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet :
1. Diskon / Potongan Harga / Price Markdown
Jenis promosi yang paling sering dipakai oleh para pelaku bisnis.
Saking banyaknya pebisnis yang melaksanakan diskon, hingga sampai menjatuhkan nilai dari diskon tersebut. Seolah olah diskon itu udah gak WOW lagi dimata masyarakat.
Yah beda kisah kalau lu memberikan pecahan harga yang besar diantara pesaing. Tapi dengan begitu lu mengorbankan banyak profit, betul?
Maka dari itu, lu harus bisa menyiasati supaya promosi pecahan harga ini memberikan imbas WOW bagi sasaran audience, namun gak memotong profit terlalu besar.
Beberapa caranya antara lain:
# Harga -1
Pernah liat harga suatu produk itu terkesan nanggung menyerupai Rp 49,999,-?
Menurut Manoj Thomas dan Vicki Morwitz, ketika ada harga menyerupai $ 2.99, maka otak kita melihat harga tersebut sebagai $ 2, bukan $ 3.
Mereka juga bilang kalau harga kaya gitu terkadang memberikan kesan lebih murah, dikarenakan digit awalnya ikut berubah.
Psychological pricing pertama ini bisa lu gabungkan dengan promosi diskon.
Sebagai contoh:
Harga awal Rp 100,000,- Harga DISKON Rp 89,999,-
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
The Gumroad Blog
# Harga pembulatan
Sekarang, apakah lu pernah liat harga yang terkesan awut-awutan menyerupai Rp 1,633,367,-? Kenapa gak dibentuk Rp 1,600,000,- aja?
Jadi, mana yang lebih baik, gunakan pembulatan atau terlihat berantakan?
Masih berbicara seputar psychological pricing, cuma kali ini agak berbeda dari sebelumnya.
Menurut Monica Wadhwa dan Kuangjie Zhang, gunakan angka pembulatan kalau produk yang lu jual itu bersifat emosional. Artinya pelanggan memakai perasaan ketika ingin membeli produk tersebut.
Contohnya lu menjual embel-embel cantik, dimana sasaran audience lu biasanya terpengaruhi (emosional) ketika melihat embel-embel tersebut. Maka gunakan harga pembulatan Rp 1,000,000,- ketimbang Rp 1,062,921,-
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Beda ketika lu menjual produk yang berdasarkan logika dan rasional.
Misalnya ketika pelanggan membeli shampoo gres lantaran yang usang udah abis, ia gak mau ganti brand lain lantaran brand yang itu udah paling cocok (rasional).
Dalam kondisi menyerupai ini, lu bisa memakai harga awut-awutan menyerupai Rp 20,843,-
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
# Diskon di waktu yang benar benar spesial
Agar nilai diskon itu gak jatuh, khususnya untuk bisnis lu, maka adakan diskon hanya pada waktu yang benar benar Istimewa (baca: benar benar spesial).
Tips: Berikan diskon dalam waktu yang relatif jarang, tapi bernilai besar.
# Diskon untuk sasaran audience tertentu
Sebut aja menyerupai diskon khusus pelajar termasuk mahasiswa. Atau bagi pemegang kartu ATM tertentu.
Diskon ini diadaptasi dengan produk yang ditawarkan atau kerja sama dengan pebisnis lain.
2. Mainin harga dengan cicilan
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Kita masih bermain dengan harga dan angka. Kali ini buat lu yang bisa memberikan cicilan dalam pembayaran.
Note : Pastiin juga kalau lu memberikan keterangan S&K biar gak terjadi kesalahpahaman.
Tulis harga dengan teknik harga -1 biar lebih terlihat menarik.
3. Mengadakan kontes
Dengan mengadakan kontes, lu gak cuma bisa menarik perhatian sasaran audience, tapi juga menarik manfaat lainnya.
Sebut aja menyerupai brand awareness, meningkatkan engagement, atau menciptakan brand lu semakin dikenal oleh masyarakat.
Pernahkah beberapa sobat lu di social media minta tolong lu untuk like dan share foto atau video mereka?
Disaat itu juga lu tau bahwa mereka lagi ikut kontes? Dan kontes tersebut diadakan oleh suatu brand yang belum pernah lu dengar sebelumnya, sehingga kini lu menjadi tau?
Itulah salah satu laba mengadakan kontes, mengubah cold traffic eksklusif menjadi warm traffic.
Beberapa pertanyaan sebagai panduan singkat:
#1. Apa yang mau lu capai dengan mengadakan kontes?
Apakah itu meningkatkan jumlah like Fanspage, terjadinya pembelian, meningkatkan brand awarness, atau objektif lainnya?
#2. Kontes apa yang mau lu buat?
Bagaimana sasaran audience biar bisa ikutan kontes lu tersebut? Apakah dengan like & share? Foto kontes? Buat video? Isi kuis? Story telling? Atau kontes kreatif lainnya?
#3. Berapa usang lu akan mengadakan kontes tersebut?
**#4. Apa hadiah dari kontes tersebut?
Ini yaitu salah satu elemen penentu berhasil atau engganya kontes yang akan lu adakan. Buatlah hadiah semenarik mungkin, sehingga gak ada alasan buat audience untuk tidak berpartisipasi.**
**#5. Media apa yang mau digunakan?
Apakah itu Facebook? Twitter? Atau social media lainnya? Pastikan bahwa sasaran audience memakai media tersebut.**
#6. Mulai kontes dan promosi
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
4. Memberikan uji coba / Free Trial
Sales promotion ini identik dengan produk yang tentunya bisa lu berikan sampel atau free trial kepada sasaran audience.
Misalnya cemilan, minuman ringan, jasa les inggris, atau produk digital menyerupai website.
Pastikan kalau penawaran yang lu berikan itu benar benar menarik sasaran audience, sehingga mereka mau meluangkan waktunya untuk mencoba sampel yang lu berikan.
Dengan memberikan promosi menyerupai ini, maka audience akan bisa mencicipi eksklusif keunggulan dari produk yang ditawarkan.
Sedangkan laba buat pemilik bisnis antara lain menyerupai testing market, mengumpulkan feedback, dan tentunya akan meningkatkan penjualan.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
5. BOGOF (Buy 1 Get 1 FREE)
Senjata yang cukup ampuh untuk menciptakan pelanggan melaksanakan pembelian. Bahkan saking ampuhnya, gak sedikit menciptakan stok produk menjadi ludes habis.
Gunakan sales promotion ini ketika lu ingin memberikan diskon 50%. Hasilnya jauh akan lebih menarik bagi pelanggan.
Selain itu juga akan menguntungkan untuk penjual lantaran intinya mereka membeli 2 produk. Ketimbang memberikan diskon 50% dimana pelanggan bisa membeli hanya 1 produk.
Cara ini juga bisa dikreasikan sesuai kemampuan lu, contohnya menyerupai Buy 3 Get 1.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
ATT Shop
6. Kode Promo / Kode Voucher
Biasanya dipakai oleh para pelaku bisnis e-commerce, dimana punya sistem yang terintegrasi untuk masukin instruksi tertentu biar pelanggan bisa mendapat laba lebih.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Lu bisa memberikan instruksi voucher secara cuma cuma, atau dengan syarat menyerupai masukin email, atau mungkin share dan sebagainya.
Cara ini bisa digabungkan dengan promosi lainnya, contohnya seperti
Diskon Akhir Tahun! Ayo gunakan instruksi voucher: XX1234
7. Gift Voucher
Sedikit berbeda dengan instruksi voucher, dimana gift voucher (termasuk gift card, e-voucher, voucher belanja, dsb) biasanya bertujuan untuk meningkatkan repeat order.
Bisa juga dipakai sebagai hadiah ketika mengadakan kontes.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Untuk pelaku bisnis kecil menengah yang belum punya sistem otomatis bisa memakai cara manual, menyerupai memberikan voucher elektronik yang isinya instruksi unik lewat email.
Pastikan kalau lu memberikan S&K serta masa berlakunya.
8. Upsell & Cross Selling
Upselling adalah ketika lu sedang membeli kopi Starbucks ukuran Tall, kemudian barista menunjukkan ukuran Grande atau Venti lantaran harganya lebih murah.
Sedangkan Cross Selling adalah ketika lu ke A&W untuk pesan burger, kemudian pelayannya menunjukkan kentang goreng dan rootbeer beserta topping ice creamnya.
Kedua cara ini merupakan sales promotion yang gak cuma menguntungkan pebisnis, tapi juga bisa membangun kekerabatan baik dengan pelanggan.
Menurut Jeffrey Gitomer di Video Berikut
upselling itu berarti membantu pelanggan untuk mendapat untung besar.
Makara ketika lu menunjukkan produk yang lebih mahal, pastikan di pikiran pelanggan itu bukan perihal mahalnya, tapi seberapa besar laba yang mereka dapat.
Sebagai contoh, anggap lu itu penjual sepatu kulit laki-laki ekslusif.
Ketika ada pelanggan yang ingin membeli sepatu, lu bisa melaksanakan cross selling dengan menunjukkan produk perawatannya (semir atau sikat), dengan harga lebih murah dari harga normal.
9. Beli paketan jauh lebih untung
Produk yang dijual secara paket atau bundle, bisa lu temukan mulai dari restoran cepat saji, mobil, design software, hingga sabun basuh baju beserta gelas cantiknya.
Beberapa laba dengan menunjukkan produk paketan untuk penjual yaitu efesiensi biaya, menyerupai mengurangi biaya pemasaran dan distribusi.
Dan yang gak kalah penting yaitu meningkatkan omzet (meski profitnya sedikit berkurang), lantaran intinya lu menjual lebih dari 1 produk secara langsung.
Sedangkan bagi pelanggan juga akan mencicipi permintaannya dipenuhi hanya dengan 1 kali pembelian, sangat efisien.
Gak cuma itu, tapi beberapa orang juga menganggap kalau produk paketan itu biasanya lebih murah dibanding beli satuan.
Berikut 8 tips singkat untuk product bundling oleh Inbound Marketing Agents
10. Gratis ongkos kirim!
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Promosi yang satu ini gak kalah menariknya buat pelanggan yang suka belanja online, lantaran sesuai dengan namanya, gratis.
Untuk menunjukkan sales promotion ini perlu diperhatikan beberapa hal:
#1. Pastikan biaya pengiriman gak melebihi profit yang lu dapat., khususnya pengiriman untuk jarak yang cukup jauh.
#2. Berikan minimal order boleh dipertimbangkan supaya mendapat profit lebih banyak dalam sekali pengiriman.
#3. Pastikan ukuran produk yang bakal dikirim itu tetap kecil dan ringan.
#4. Membuat member card pada distributor kurir tertentu jikalau memungkinkan.
11. Berikan bonus merchandise atau souvenir
Pilih mana bro, beli handphone seharga Rp 5 juta tanpa bonus, atau harga sama tapi sanggup bonus topi?
Kalau gua pribadi tentunya pilih handphone yang sanggup bonus topi, ya meski gak begitu keren modelnya.
Memberikan bonus kepada pelanggan sanggup dipakai sebagai sales promotion + meningkatkan brand loyalty bahkan hingga 90%.
Jadi, berikanlah bonus yang gak memakan biaya besar, namun bernilai bagi pelanggan. Ditambah dengan logo brand lu pada bonus tersebut tentunya akan lebih baik.
Mungkin aja seperti kalender, gantungan kunci, gelas, kaos, atau bahkan buku dalam bentuk digital alias eBook.
12. Hanya untuk 10 orang pertama hari ini
Salah satu jenis sales promotion favorit gua. Memberikan sense of urgency yang kuat, sekarang atau gak sama sekali.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Untuk detail promosinya bisa lu sesuaikan sendiri dengan impian dan tujuan.
13. Subscriber
Cara kerjanya cukup sederhana, barangsiapa yang mendaftarkan emailnya sebagai langganan pertama kali, maka akan mendapat laba lebih menyerupai voucher belanja, diskon, atau promosi lainnya.
Sales promotion ini hampir cocok bagi semua pelaku bisnis, khususnya industri e-commerce.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Nantinya alamat email tersebut bisa lu gunakan sebagai sarana menyalurkan promosi menarik lainnya.
14. Promo reseller atau dropshipper
Sales promotion itu gak cuma ditujukan para pelanggan, tapi juga bisa dipakai untuk mencari dan merekrut kaki tangan bisnis lu, alias reseller atau dropshipper.
Caranya yaitu dengan menunjukkan harga khusus bagi reseller dan dropshipper. Sehingga mereka bisa mengambil sedikit laba dari produk yang terjual.
Sebagai gantinya, pemasaran lu akan semakin dipermudah dan meluas, yang mana tentunya bakal meningkatkan omzet penjualan.
15. Memberikan tagline best pada list harga
Pernah perhatiin gak bro waktu lu lagi mau pesan makanan di restoran, lu liat di beberapa menunya ada tagline Chef Recomendation?
Atau menyerupai list harga Premium Account Bukalapak yang memberikan 3 tagline unik berbeda untuk 3 list harga.
agan sudah nemuin banyak tips untuk sukses berbisnis untuk banjir omzet lainnya di interne Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk dan Meledakkan Omzet
Tagline unik pada harga kaya gini akan mempermudah pelanggan dalam memilih keputusan suatu pembelian.
Sedikit tips, berikan tagline unik untuk mendorong penjualan dari 1 produk yang ingin ditingkatkan, contohnya produk yang kurang laris atau yang paling menghasilkan.
16. Pastikan promosi lu memakai teknik copywriting
Jangan menciptakan blunder ketika lu sudah menemukan sales promotion yang sempurna untuk bisnis lu. Salah satunya disebabkan lantaran lu gak tau gimana cara memberikan promosi dengan tepat.
Hal ini masih sering diabaikan oleh para pelaku bisnis, padahal berdasarkan gua, sifatnya sangat besar lengan berkuasa terhadap keberhasilan suatu promosi.
Silahkan lanjut mempelajari:
Berikut yaitu contoh
Cukup sekian Tips & Trick Strategi Jitu Melakukan Promosi Produk yg bisa lu praktekkan untuk meningkatkan omzet bisnis.
Beberapa foto dan gambar diambil dan diolah dari aneka macam macam sumber di internet. Dan dipergunakan sebatas untuk isu belaka.
Mungkin masih ada beberapa cara promosi efektif yang gua lewatkan?
Silahkan beri tau gua di kolom komentar, beserta pendapat, kritik atau sarannya.
Salam

Subscribe to receive free email updates:

ADS