ADS

5 Cara Mempertahankan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan

Terciptanya kepuasan dan loyalitas para pelanggan, tentunya menjadi salah satu aset penting dalam menjalankan sebuah usaha. Meskipun ini cukup klise, namun bagaimanapun juga para pelanggan menjadi kunci utama Anda untuk mendulang laba besar setiap bulannya.
Puas tidaknya para konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan, pastinya akan mengatakan dampak tertentu bagi perkembangan bisnis Anda. Apabila konsumen mendapat kepuasan dari produk yang Anda pasarkan, dapat dipastikan jikalau mereka akan melaksanakan pembelian ulang di masa-masa yang akan datang. Dan begitu juga sebaliknya, jikalau mereka kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, maka tidak menutup kemungkinan jikalau mereka akan kapok melaksanakan pembelian di daerah Anda dan berpaling ke perusahaan lain.Karenanya, semoga para konsumen Anda tidak berpaling ke perusahaan lain. Berikut ini kami informasikan 5 cara mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

  1. Berikan perhatian before dan after sales
Sebagian besar pelaku pasar hanya fokus terhadap penawaran yang akan mereka sampaikan, tanpa memperhatikan cita-cita konsumen. Kesalahan inilah yang sering membuat para konsumen melaksanakan penolakan secara pribadi terhadap para sales, lantaran mereka menganggap para sales hanya akan berpromosi mengatakan sebuah barang. Karenanya untuk membuat kepuasan konsumen, berikan perhatian khusus kepada para konsumen baik sebelum terjadi transaksi pembelian maupun pasca pembelian. Misalnya saja dengan membagikan katalog menarik untuk memancing minat konsumen, serta mengatakan garansi khusus pada produk unggulan yang Anda pasarkan.
  1. Ciptakan sebuah kekerabatan yang saling menguntungkan
Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku pasar atau pedagang lebih mendominasi komunikasi yang terbangun. Mereka memposisikan para konsumen sebagai pendengar, dan pemasar sebagai narasumber utamanya. Strategi pemasaran ibarat ini tentunya terbilang kuno, lantaran kini ini para konsumen sudah mulai cerdas dan dapat memilih produk-produk unggulan yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Oleh lantaran itu, pastikan kekerabatan yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar dapat seimbang dan saling menguntungkan.
  1. Lakukan follow up pasca penjualan
Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, ada baiknya Anda mencatat semua customer yang pernah membeli produk Anda dan mencoba melaksanakan follow up ulang pasca pembelian pertama. Meskipun cara ini sangatlah mudah, namun hingga hari ini belum semua pelaku perjuangan melakukannya. Biasanya mereka kurang peduli dengan prospek yang sudah dimiliki, dan cenderung mencari target (konsumen baru) dibandingkan harus mem-follow up ulang konsumen-konsumen yang pernah melaksanakan pembelian di perusahaan mereka.
  1. Tawarkan jadwal menarik untuk menjaga loyalitas konsumen
Seperti halnya mall-mall besar maupun sentra perbelanjaan di kota-kota besar yang biasanya mengatakan jadwal premium atau kartu keanggotaan untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Anda pun juga dapat mencoba jadwal tersebut untuk membangun loyalitas konsumen. Mulailah dengan mengatakan sebuah keanggotaan atau member khusus yang akan mengatakan banyak laba bagi para pelanggan setia Anda. Misalnya saja mengatakan diskon khusus bagi para konsumen yang mempunyai kartu keanggotaan, atau mengatakan bonus tertentu bagi para member yang berbelanja cukup banyak di perusahaan Anda.
  1. Berikan laba bagi pelanggan setia Anda
Selain mengatakan jadwal menarik untuk menjaga loyalitas konsumen, Anda juga dapat menjalin kerjasama dengan para pelanggan setia Anda. Tawarkan peluang bisnis bagi para konsumen yang dapat mengatakan untung besar bagi mereka dan sekaligus dapat membantu Anda dalam meningkatkan pemasaran produk. Contohnya saja dengan membuka jadwal reseller untuk para konsumen yang tertarik memasarkan produk Anda. Strategi ini tidak hanya menguntungkan para reseller, namun juga mendorong para pelanggan untuk melaksanakan pembelian berulang-ulang.
Semoga kelima tips pemasaran yang telah kita bahas bersama dapat mengatakan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pelaku perjuangan untuk senantiasa membina kekerabatan baik dengan para konsumennya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Subscribe to receive free email updates:

ADS