ADS

5 Cara Menentukan Keyword Konten Yang Tepat


Keyword dalam sebuah artikel SEO yakni faktor penting yang harus diperhatikan. Keyword atau kata kunci dibedakan menjadi dua, yaitu kata kunci utama dan kata kunci turunan. Keyword merupakan kata-kata penting yang di input oleh pengguna internet untuk mendapat informasi, produk maupun jasa yang mereka cari. Dalam menentukan keyword, kita tidak dapat sembarangan menentukan kata.

Keyword yang sempurna sesuai dengan apa yang pengguna cari akan meningkatkan penjualan bisnis dan membantu website untuk menempati posisi pertama di halaman mesin pencari. Tampaknya remeh, namun ini yakni salah satu faktor penentu sukses dan tidaknya website SEO yang Anda buat untuk dapat menempati posisi pertama di SERP (Search Engine Optimization). Pilihlah kata kunci yang sempurna dengan cara berikut ini.

1. Keyword utama tersusun dari satu hingga dua kata saja
Penting bagi Anda untuk tahu apakah kata kunci dari konten yang Anda buat.  Padatkan kata kuncinya dengan cakupan yang global biar gampang dijangkau oleh para pengguna internet. Usahakan biar kata kunci tersebut tidak terlalu panjang, hanya tersusun dari satu hingga dua kata saja. Misalkan “Baju Solo”, “Pisang Crispy”, “Ayam Crispy” dan lain sebagainya yang sekiranya representatif untuk mewakili produk, jasa atau gosip yang Anda posting di website tersebut. Jangan menciptakan kata kunci yang panjang apalagi dengan kata-kata yang tidak umum di dengar.

2. Perhatikan Google Suggestion

Saat input keyword di Google, niscaya kalian pernah melihat suggestion yang ditampilkan oleh Google di bawah kolom input keyword. Hanya dengan mengetik satu kata saja yang ingin Anda lacak, Anda sudah mendapat begitu banyak suggestion dari Google.

Rupanya, ini tidak hanya mempunyai kegunaan bagi para pencari gosip yang sedang berselancar di Google. Namun ini juga penting bagi Anda yang sedang survey keyword untuk mendapat keyword utama yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

3. Lakukan Pengecekan dengan Tool Adwords
Penting bagi Anda untuk mengecek frekuensi pencarian kata kunci yang ingin Anda gunakan. Yaitu dengan memakai tool adwords. Dengan cara ini, Anda dapat tahu pencarian pengguna setiap bulannya. Atau, Anda pun dapat menjadikannya rujukan untuk keyword yang akan Anda jadikan pilihan untuk konten website Anda. Jadi, misal hasil dari tool adwords tersebut pencariannya yakni “baju solo” misalnya, Anda dapat menjadikannya sebagai keyword.

4. Keyword Turunan di Tool Adwords
Selain keyword utama, keyword turunan juga perlu Anda sertakan dalam konten tersebut. Ini penting untuk dilakukan biar daya jangkau konten lebih luas dan lebih bervariasi. Cara mendapat keyword turunan yakni dengan melacak atau mengecek pada Tool Adwords beberapa pilihan keyword lain yang bersahabat dengan inti pembahasan Anda dan juga bersahabat dengan keyword Anda.

5. Cek Website Pesaing Anda
Yang terakhir, lakukan pengecekan terhadap website pesaing Anda, yaitu website yang konten-nya bidang yang sama dengan yang Anda miliki. Cek kata kuncinya, apa kata kunci yang digunakan khususnya website dengan traffic pengunjung yang tinggi, kemudian aplikasikan.

Setelah tahap mencari keyword sudah selesai, selanjutnya Anda dapat mempelajari cara meletakkan keyword yang benar biar konten website Anda dapat menduduki posisi pertama Search Engine Optimization.

Perlu diketahui bahwa untuk menghindari spamming¸usahakan biar keyword yang di tempel tidak terlalu banyak sehingga nyaman ketika dibaca dan tidak akan diapresiasi oleh pihak Google.

Subscribe to receive free email updates:

ADS