ADS

5 Kesalahan Pembisnis Pemula

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pembisnis Pemula

 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Pembisnis Pemula 5 Kesalahan Pembisnis Pemula
Siapa yang nggak ingin sukses menjadi seorang pengusaha, apalagi di usia muda? Bayangan bergelimang harta dan hidup bersenang-senang tanpa memikirkan kehabisan uang menciptakan banyak orang mencoba peruntungan di dunia ini. Sayangnya, nggak semua orang berhasil mewujudkan impiannya tersebut. Bahkan, banyak di antara mereka yang justru gagal di tengah jalan sebelum bisnisnya sempat berkembang. Padahal, udah banyak modal yang dikeluarkan. Lalu, apa yang salah?
Membangun sebuah bisnis memang bukan perkara mudah. Kalau Anda nggak tahu cara memulainya, niscaya akan banyak kesalahan yang dilakukan. Nah, kalau Anda termasuk salah satu orang yang ingin menjadi pengusaha sukses, hindari kesalahan-kesalahan berikut ini.

  1. Langsung Berinvestasi sebelum Belajar

Langsung mencoba begitu peluang bisnis tiba memang bukan hal yang salah. Justru itu yang harus dilakukan, menangkap peluang ketika kesempatan itu muncul. Hanya saja, banyak orang yang eksklusif terjun dan menginvestasikan banyak modal untuk memulai bisnis tanpa tahu lebih dalam mengenai seluk-beluk bisnis tersebut. Akibatnya, alasannya nggak mengetahui banyak hal ihwal bisnis tersebut, kerugianlah yang akan diperoleh. Oleh alasannya itu, sebelum memulai sebuah bisnis, pelajari lebih dalam. Bila perlu, uji terlebih dahulu untuk mengetahui peruntungan Anda.
  1. Banyak Menerima Masukan
Masukan memang penting untuk dijadikan materi pertimbangan sebelum tetapkan sesuatu. Namuan, jikalau Anda terlalu banyak mendapatkan masukan, hanya kebingungan yang Anda alami. Terlebih jikalau masukan yang tiba saling bertolak belakang. Bagaimana pun juga, perilaku dan filing Anda sangat diperlukan. Pelajari dengan seksama dan latihlah filing Anda terhadap bisnis tersebut. Jadikan masukan sebagai penguat alasan mengapa Anda mengambil sebuah keputusan.
  1. Ingin Cepat Sukses
Banyak orang yang terobsesi untuk sukses dengan membesarkan bisnis secara cepat. bahkan, mereka nggak ragu mengeluarkan dana besar untuk membuka cabang di mana-mana meskipun masih di awal usaha. Jelas ini bukan langkah bijak alasannya memiliki risiko kerugian yang tinggi. Sebagai pemula, yang terpenting yaitu mendapatkan laba dulu meskipun sedikit. Setelah itu, naikkan keuntungan, begitu seterusnya. Setelah benar-benar stabil, membuka cabang gres bisa menjadi langkah selanjutnya.
  1. Salah Mengatur Keuangan
Bagaimana pun, administrasi keuangan penting dilakukan meskipun masih awal usaha. Salah dalam mengatur keuangan akan menciptakan bisnis Anda mati secara perlahan. Terlebih jikalau keuangan bisnis dicampuradukkan dengan ekonomi pribadi. Jelas ini yang menciptakan bisnis menjadi kacau. Maka dari itu, sistem keuangan tercatat dan terorganisir dengan baik. Jika perlu, tempatkan orang yang khusus mengatur keuangan bisnis Anda. Dengan begitu, peluang tercampurnya uang pribadi dengan uang bisnis semakin kecil.
  1. Menempatkan SDM yang Salah
Untuk mendapatkan hasil maksimal, menempatkan SDM yang sempurna untuk sebuah pekerjaan sangatlah penting. Seseorang yang diberi kiprah di luar kemampuannya, tidak akan sanggup menuntaskan pekerjaan tersebut dengan baik, bahkan justru akan menciptakan berantakan. Sudah banyak teladan pebisnis yang kesannya bangkrut hanya alasannya salah menempatkan orang. Orang-orang yang dipercayanya ternyata tidak bisa melakukan kiprah tersebut.
Selain menghindari kelima kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula di atas, Anda juga harus memiliki mental kuat. Namanya bisnis, niscaya akan mengalami pasang surut usaha. Bahkan, bisa jadi mengalami kerugian. Jangan patah semangat! Terus bangkit, perbaiki kesalahan, dan berusaha kembali dengan cara berbeda. Bisnis bukan menyerupai membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan perjuangan keras, kesabaran, keuletan, dan ketangguhan mental. So, teruslah berusaha dan jadilah pengusaha muda sukses. Selamat berbisnis!

Subscribe to receive free email updates:

ADS