ADS

Masalah Yang Sering Di Hadapi Dropshipper

Dalam menjalani semua model bisnis pasti akan mengalami hambatan tak terkecuali  dropship. Karena tidak menghandle pribadi produk serta proses pesananya menimbulkan  terjadi banyak sekali masalah. Di artikel kali ini saya akan membagikan pengalaman apa saja problem yang biasa di alsmi dan cara mengatasinya. 

1. Lokasi Kota Supplier Berbeda

Jika alamat toko beda dengan supplier maka solusinya kita harus merubah alamat toko kita di marketplace sesuai dengan kota supplier. Hal ini untuk menghindari perbedaan perhitungan ongkos kirim. 

Terkadang kita gundah di hadapan banyak sekali pilihan supplier. Dan alasannya yakni masing-masing supplier punya produk yang beda dan sama sama laku maka terpaksa ambil smua produk itu d jadikan satu toko. Tapi timbul problem ketika ada customer yang order 2 produk dari supplier yang berbeda. 

Kalau supplier berada di jakarta dan customer masih di area jabotabek lebih baik kita proses itu pesanan alasannya yakni kita hanya menanggung perhiasan ongkir 9 10rb saja. Makara masih ada sisa untung yang cukup untuk menutup biaya ongkir, untuk itu saya sarankan jangan ambil untung terlalu mepet. Dan jangan lupa kalau di kirim dari 2 supplier berbeda kita konfirmasi ke supplier kalau paket di kirim terpisah, jadi nanti sampainya tidak bersamaan. Biar customer tidak panik ketika nerima paket alasannya yakni barang yang di pesan tidak lengkap.

Strategi lain dengan meningkatkan margin per produk, misal ada 2 order dari lokasi supplier yang berbeda . Tapi biasanya hal ini kemungkinan terjadinya kecil. Jika keuntungan dikit atau bahkan impas dari pada pesanan ditolak lebih baik tetap kirim demi mempertahankan reputasi. Tapi ada Kondisi khusus pengiriman lokasi luar jawa yang cukup jauh misal ke aceh atau papua niscaya ongkos kirim sangat mahal maka solusinya harus di batalkan dulu atau mengatakan ke customer hanya sanggup kirim 1 pesanan.

Jika tidak ingin ribet bagi yang dropshipper pemula lebih baik fokus 1 supplier 1 toko, tapi usahakan cari supplier yang produknya bervariasi semoga produk kita tidak terbatas hanya menjual 1 atau 2 jenis produk saja.

2. Keterlambatan pengiriman

Namanya supplier juga manusia, kadang ada saatnya ada hambatan tidak sanggup kirim pesanan dalam waktu batas 2 hari. Misal alasannya yakni sedang berduka kucing ya meninggal. Jika bisanya kirim di hari ke tiga kita sanggup atasi dengan cara memasukan resi fiktif sementara.

Apa itu resi sementara. 
 Bisa gunakan resi yang sudah ada cuma di edit satu atau dua angka supaya tidak terlacak. Karena kalau gunakan resi dari transaksi lain akan cepat terdeteksi resi salah. Fungsinya untuk mengulur waktu menghindari penghapusan pesanan alasannya yakni sudah habis masa pengiriman. Saya rekomendasikan gunakan cara ini kalau memang kondisi terpepet darurat.

Kirim paket  pengganti
Agar menghindari penghapusan sanggup kirim produk lain yang harganya murah atau nota , yang pastinya masih masuk dari margin anda. Karena Reputasi lebih utama dan penting daripada harus menolak pesanan

3. Resi Otomatis

Untuk ketika ini beberapa maketplace memakai sistem resi otomatis biasanya jne atau jnt. Dengan adanya resi otomatis kita tidak sanggup menginput nomor resi menyerupai biasa.
  • Order di luar marketplace, kalau anda dropship di marketplace kontaklah supplier untuk transaksi di luar marketplace. Nanti aba-aba booking yang kita sanggup tinggal kirimkan misalkan melalui Chat Whatsapp. 
  • Untuk itu cari supplier yang sanggup melaksanakan pengiriman memakai resi otomatis. 

4. Modal kecil terbatas

Terdapat 2 motivasi seorang menjalankan bisnis dropship pertama alasannya yakni ingin mencar ilmu jualan atau test pasar suatu produk yang kedepannya ingin menjadi supplier atau membuat produk sendiri. Dan yang kedua Pasti sebagian besar memulai bisnis dropship alasannya yakni hambatan keterbatasan modal. 

Karena sistem di marketplace dana cair sesudah transaksi selesai  maka kita harus punya modal untuk membayar terlebih dahulu ke supplier. Untuk itu misal kita cuma punya modal 1 juta maka jualah produk dengan kisaran 100rb saja sehingga sanggup mampu 8-10 orderan. Jangan memaksa jual produk yang harga tinggi alasannya yakni ingin mengejar profit besar. Soalnya ketika ordean lagi ramai maka anda akan kelabakan kehabisan modal tidak sanggup bayar pesanan ke supplier. 

 Atau sanggup dengan cara kerjasama dengan supplier yang sanggup bayar belakangan sesudah transaksi di marketplace selesai.

Jangan hanya jualan di marketplace saja sanggup dengan mengkombinasikan jualan di sosial media atau website sehingga anda sanggup menerima modal di awal alasannya yakni customer transfer ke penjual langsung. 

Profit jangan terlalu tipis, pastikan keuntungan sanggup mencukupi kebutuhan pribadi dan ada sisa untung menambah modal bisnis biar cepat berkembang. 

5. Penggantian jasa kirim

Misal kasusnya supplier salah kirim harusnya pakai JNT aba-aba booking tapi supplier di kirim pakai jne. Karena di shopee customer service lambat kita tetap harus kirim paket dengan aba-aba booking transksi  itu dengan di isi nota atau produk dengan harga murah.
Untuk di bukalapak sanggup pribadi ganti resi dengan menghubungi cs bukalapak melampirkan screenshoot hasil tracking resi alasannya yakni kita tidak sanggup menerangkan resi pengiriman asli.


6. Keterbatasan Stock

Menahan Stock, Beli satu produk untuk pegangan, kalau ada order kirim dari supplier. Jika supplier habis gres kirim produk kita. Makara kita punya kesempatan untuk mengubah stock mengurangi resiko menolak pesanan. Seperti yang saya lakukan stock 1-3 produk di jasa fullfilment menyerupai crewdible . Stock saya sendiri itu saya pakai kalau memang dari supplier udah kehabisan sekaligus nunggu stock ready kembali.

Informasi Stock
Jika supplier anda tidak menyediakan daftar stock yang real time maka harus rajin Cek stock rutin berkala. Minimal seminggu sekali semoga tingkat penolakan ketika kehabisan stock sanggup di minimalisir.


8. Kalah saing harga

Sering kita mengalami harga jual pesaing lebih murah apalagi jualan barang bersama supplier di marketplace yang sama niscaya harga kalah murah. Untuk mengatasinya cukup jadi berbeda sanggup dengan edit judul ganti foto produk atau membuat bundling.

9. Pertanyaan Customer

Pasti sering panik kalau sanggup pertanyaan Customer yang aneh-aneh. Jangan sampe di diamkan, minimal anda segera di jawab dengan mengatakan tanggapan klise untuk mengulur waktu proses cek stock ke supplier. karena kalau tidak segera di respon customer akan berpindah ke toko yang lain. Contoh
  • Pertanyaan stocknya masih ada? Jawab dengan. ok saya cek dulu stocknya di gudang.
  • pertanyaan minta foto asli, tanggapan foto sudah orisinil kalau berbeda sanggup di kembalikan. Makara kita berani Memberikan garansi semoga customer lebih yakin.

10. Retur Produk

Jika terjadi problem retur sebagai dropshiper kita jangan lepas tanggung jawab. Bantu customer untuk memproses retur produk dan kalau perlu mengganti ongkos kirimnya. Untuk itu pastikan cari supplier yang bertanggung jawab mau mendapatkan retur. 

Subscribe to receive free email updates:

ADS