ADS

Fungsi Dan Cara Menciptakan Sku Produk

Scan barcode SKU 

Saat upload produk niscaya kita sering lihat ya bab kolom untuk SKU. Untuk apa SKU itu dan perlukah para pelaku toko online memakai SKU ini. Simak penjelasanya sebagai berikut. 


Apa itu sku? SKU yaitu akronim dari Stock Keeping Unit  yaitu isyarat unik yang di buat untuk memudahkan identifikasi setiap produk.

Format SKU

Untuk format SKU tidak ada patokan khusus , sanggup di sesuaikan dengan kebutuhan pemilik perjuangan atau jenis produk yang di jual. Misalkan untuk produk fashion SKU harus lebih lengkap alasannya yaitu harus memuat atribut brand , model produk, ukuran , dan warna. Makara misalnya untuk baju dengan brand Polo , model lengan pendek nomor model 23, ukuran S, warna putih maka sanggup dibentuk dengan sku 
PL-PDK23-SML-PTH. 

Apa saja fungsi dari SKU ?

  • Berfungsi memudahkan mengidentifikasi produk dari jenis brand tipe warna atau ukuran. 
  • Manfaat, memudahkan proses pencarian produk
  • Menjadi pembeda antara produk yang satu dengan yang lain sehingga sanggup Menghindari tertukar
  • Untuk Pembuatan label barcode administrasi stock produk , mempercepat proses update stock produk ketika terjadinya keluar masuk barang.

Apa beda Nomor seri dengan SKU?

Dalam kemasan produk elektronik sering kita temui nomor seri . Jika nomor seri hanya di gunakan untuk satu produk sedangkan SKU sanggup untuk beberpa produk yang mempunyai kesamaan sejenis.

Tips pembuatan SKU untuk Toko Online Yang Sederhana. 

Bagi para pelaku toko online yang belum terlalu banyak produknya sanggup menciptakan SKU dengan 
3 identifikasi.
1. Jenis produk , memuat model atau brand produk
2. Nomor model, nomor yang di gunakan untuk membedakan model dan jenis produk 
3. Lokasi rak, berfungi memudahkan ketika pemilihan produk dan lokasi letak produk yang akan di kirim. 

Sebagai teladan baju kemeja batik, model nomor 023 , letak penyimpanan di rak Baris A Kolom 2. Nomor SKU yang di buat KB023A2 . Sedangkan untuk ukuran dan warna tinggal kita beri stiker di plastik packing baju. Dan bila di buat label SKU dalam bentuk barcode akan menyerupai ini .

Untuk menciptakan barcode anda sanggup kunjungi website atau aplikasi android dengan kata kunci Barcode Maker.

Walaupun sifatnya opsional penggunaan SKU sanggup mengurangi kesalahan pemilihan produk. Makara mumpung produk belum terlalu banyak maka tidak ada salahnya kita menciptakan label SKU mulai dari sekarang. 

Subscribe to receive free email updates:

ADS