ADS

Tips Menulis Catatan Pelapak Di Bukalapak Yang Baik

Di Bukalapak terdapat fitur berjulukan Catatan Pelapak, fitur ini berfungsi untuk menunjukkan gosip pengumuman perhiasan ke pembeli mengenai lapak kita. Catatan pelapak terletak pada bab bawah deskripsi halaman produk.  Kaprikornus dengan catatan ini kita tidak perlu menuliskan satu per satu di deskripsi produk kita. Buat yang masih resah untuk memaksimalkan catatan pelapak dan apa saja yang perlu kita tulis di catatan pelapak. 
Berikut 10 hal penting yang sanggup kita tuliskan di catatan pelapak :
  • Promo atau Diskon, kadang pembeli tidak tahu kalau bukalapak sedang mengadakan promo diskon. Untuk itu semoga pembeli lebih puas lagi sanggup kita tawarkan promo diskon ini. Kita tinggal tuliskan isyarat Voucher Promo di catatan pelapak. Terutama kalau ada promo free ongkir jangan hingga lupa di cantumkan alasannya yaitu sangat menarik bagi customer. Tapi kita harus sering update info kalau promo sudah berakhir dan harus segera di ganti.  
  • Batas Waktu Pengiriman, tiap seller niscaya punya jam cut off kapan batas order di proses . Kaprikornus pembeli akan tau dan sanggup memprediksi kapan barang akan hingga terutama yang keburu-buru barang mau di pakai. Untuk batas order bergotong-royong sudah ada di  bawah profil tapi akan lebih baik kalau di cantumkan di catatan pelapak juga. Dan cantumkan juga jadwal waktu input resi sehingga mengurangi pertanyaan pembeli yang menagih nomor resi.
  • Jam Operasional, degan menunjukkan info jam operasional toko kita ke pembeli jadi tahu kalau chat tidak di respon alasannya yaitu sudah di luar jam operasional. 
  • Stock produk, kalau punya stock terbatas atau mempunyai varian yang cukup banyak sanggup di informasikan ke pembeli untuk menanyakan stock terlebih dahulu. Kaprikornus sanggup meminimalisir penolakan pesana alasannya yaitu kehabisan stock. 
  • Perihal Komplain, kadang perlu juga kita menuliskan mekanisme untuk proses komplain. Agar pembeli lebih terarah dan tidak kebingungan kalau ingin mengajukan komplain. Hal ini juga menjadi nilai tambah toko anda alasannya yaitu layanan after sales yang baik.
  • Proses Retur, mekanisme cara retur barang kalau customer komplain ingin mengirim kembali produk yang di beli alasannya yaitu ada kerusakan atau kesalahan pengiriman. Dan jelaskan kalau kerusakan alasannya yaitu kesalahan penggunaan atau ukuran tidak sanggup di retur.
  • Garansi , hal ini sering jadi pertimbangan para calon pembeli mengenai garansi yang di berikan seller terutama untuk seller produk elektronik. Sampaikan dengan terperinci garansi yang anda berikan dan persyaratanya. Misal informasikan syarat garansi kalau kesalahan penggunaan maka garansi tidak berlaku. 
  • Varian Produk, beri petunjuk para pembeli untuk tidak lupa mencantumkan keterangan warna atau ukuran ketika order. Soalnya di bukalapak fitur varian sudah tidak ada sehingga kadang pembeli lupa menuliskan varian untuk prouduk yang di pesananya. 
    • Contohnya, Mohon cantumkan warna yang diinginkan di “catatan pelapak” pada ketika order bukan di pesan inbox. Apabila pembeli hanya meninggalkan catatan di inbox dan bukan di catatan pelapak, maka kami anggap pembeli tidak meninggalkan pesan. Apabila pembeli tidak mencantumkan warna yang diinginkan, maka kami akan mengirimkan warna random (sesuai dengan stock yang ada).
  • FAQ Frequently Ask Question.  atau dalam istilah umumnya  Hal yang sering di tanyakan. Jika sering menerima pertanyaan yang sama dari customer tuliskan saja daftar pertanyaan dan balasan di catatan pelapak. Sehingga sanggup mengurangi pekerjaan customer service untuk merspon chat pertanyaan dari pelanggan. Contohnya , 
    • Produk original atau tidak ? Produk yang kami jual semua 100% original
    • Stock masih ready ? Selama produk masih tampil stock masih tersedia 
  • Konfirmasi penerimaan dan review, Hal ini bersifat himbauan kepada customer untuk segera melaksanakan konfirmasi penerimaan kalau paket pesanan sudah di terima. Supaya dana segera di di terima tidak menunggu konfirmasi otomatis yang butuh waktu 2 hari. Serta ingatkan pembeli untuk menunjukkan rating atau review produk yang sudah di beli. 
Untuk setting catatan pelapak caranya Klik Pengaturan > Lapak > Klik edit pada catatan pelapak.
Tapi perlu di perhatikan , hukum di bukalapak untuk catatan pelapak kita tetap dilarang menampilkan contact. Dari semua point di atas tidak harus semua di cantumkan sesuaikan dengan kebutuhan toko kita saja. 


Subscribe to receive free email updates:

ADS