ADS

Cara Mengatasi Perang Harga Di Marketplace

Tidak bisa di pungkiri persaingan bisnis toko online di marketplace sangat sengit. Apalagi soal harga , semua pada banting-bantingan harga supaya bisa laku .
Memang sih kurang fair alasannya terbukti kalau di marketplace harga termurah niscaya laku alasannya ada sistem sorting harga dari yang termurah hingga ke termahal. Tapi kalau kita ikut-ikutan banting harga niscaya tinggal tunggu waktu aja kelangsungan bisnis kita akan berakhir alias bunuh diri secara perlahan . alasannya percuma laku transaksi banyak tapi margin laba sangat kecil. Tapi usahakan tetap kasatmata thingking alasannya belum tentu yang termurah itu laku. Contohnya di bawah ini 



Perlu juga di ketahui beberapa seller melaksanakan banting harga bukan berarti punya produk dengan HPP murah tapi ada yang hanya mengejar feedback, menjual produk tidak laku atau death stock.

Untuk itu ada beberapa trick untuk "Menyamarkan" biar produk kita bisa bersaing terjual dengan harga tidak terlalu hancur :

Berikan Bonus
Dengan menunjukkan bonus pada dikala pembelian ini lebih menarik perhatian calon customer. Tidak harus mahal yang penting nyambung dengan produk yang kita jual . Serta di perhitungkan juga dengan margin laba yang di peroleh.

Hindari Jual Produk Komoditi 
Daripada anda pusing memikirkan pesaing yang jual produk sama dengan anda dengan harga yang relatif jauh lebih murah maka anda bisa main di ceruk market yang khusus atau sering di sebut micro NICHE. 

Harga Diskon,
Walaupun klasik tekhnik menunjukkan diskon ini cukup efektif juga buat menarik para pelanggan.
Untuk di marketplace bukalapak ada halaman khusus yang menampilkan khusus produk yang diskon saja, Kaprikornus kemungkinan lebih besar untuk peluang produk kita muncul juga lebih besar.



Foto produk yang lebih baik
Dengan menunjukkan foto yang lebih anggun kualitasnya dari segi resolusi dan ukuran. Menampilkan foto yang lengkap dari aneka macam sudut jug bisa mengingkatkan trust customer untuk yakin membeli produk anda.

Kualitas pelayanan terbaik
Dengan memberi pelayanan terbaik niscaya kita akan mendapat feedback yang baik pula. banyak customer yang perhatianya lebih soal feedback ini. Dan biasanya yang jual dengan harga sangat murah pelayananya sangat jelek mulai dari proses pengiriman usang dan quality control produk sering tidak di perhatikan.

Tulis ulang judul, atau ganti kategori
Ini merupakan tekhnik merubah judul dengan mengganti kata lain biar tidak sama dengan yang lain. Tapi tidak terlalu jauh dan mengbuah serial produk. Kaena jikalau judul produk kita sama dengan yang lainnya , di hasil pencarian produk kita akan bercampur dengan produk lain yang sejenis. Dan lebih parahnya di marketplace ada fitur rekomendasi produk, dan apabila muncul produk dengan harga yag lebih murah matilah kita . Di jamin produk kita ngga jadi laku , customer lebih menentukan yang lebih murah.

Gunakan Kurir Yang Murah
Di dua marketplace ibarat Bukalapak dan Tokopedia , terdapat banyak pilihan jasa kurir yang digunakan. Untuk yang termurah bisa pakai Wahana dan Pos , alasannya banyak juga pembeli yang jeli dan sangat perhitungan soal ongkos kirim. Apalagi order dengan jumlah yang cukup banyak atau ukuranya besar yang terkena volume. Apabila kita menyediakan jasa kurir yang murah niscaya calon customer tidak pikir panjang lebar akan segera order di daerah kita. 

Tetap Berpikir Positif
Dari kesemua hal itu , terus tetap berfikir kasatmata juga sangat penting. Hindari Berpraskangka jelek terlebih dahulu alasannya itu bakal menghambat kemajuan perjuangan kita. Tetaplah percaya diri walaupun banyak yang jual produk yang sejenis milik kita yang lebih murah. Kita tepap harus yakin dengan meningkatkan kualitas produk maupun layanan. Untuk itu tunggu apa lagi segera upload produk anda.

Kualitas Produk
Bagi anda yang produksi sendiri pastikan jaga kualitas produk. Memang akan meningkatkan biaya produksi tapi customer akan lebih puas juga sanggup kualitas barang yang bagus.

Reputasi 
Jaga reputasi dengan menjaga kualitas pelayanan , dan apabila berjualan di marketplace kumpulkan feedback kasatmata customer sebanyak banyaknya.

Ciptakan Brand
Dengan membangun merk sendiri anda akan mempunyai customer khusus . yang biasanya tidak terpengaruh kalau soal harga. Mereka akan lebih percaya belanja ke anda alasannya anda sudah di kenal alasannya merk anda. 


Subscribe to receive free email updates:

ADS