ADS

Kelebihan , Kekurangan, Dan Alasan Mengapa Perlu Berjualan Di Marketplace

Akhir-akhir ini booming bermunculan marketplace gres dan banyak di antara para seller pribadi beralih ke penjualan melalui marketplace. Makara mengapa banyak orang menggunakan jasa marketplace untuk memasarkan prduknya, berikut saya jelaskan bebrapa point-point potensi kelebihan dan kekurangan  berjualan di marketplace  :



Mudah dan simple
Berjualan di marketplace sangat simpel hanya bermodal nomor handphone dan email kita tinggal daftar dan upload produk kita sudah sanggup pribadi berjualan. Dan kita tidak perlu repot-repot menghitung ongkos kirim alasannya sudah ada sistem yang menghitung ongkir secara otomatis.

Catatan Laporan Penjualan 
Dengan marketplace kita di mudahkan proses pencatatan alasannya semua sudah ada histori penjualan . Bahkan di beberapa marketplace kita menerima data lengkap mengenai omzet penjualan dan data statistik penjualan

SEO Friendly : 
coba anda cari di google perihal informasi produk yang ingin di cari niscaya sebagian besar muncul hasil pencarian dari marketplace. Karena setiap marketplace punya tim yang handal mengurusi soal SEO , sehingga kita sanggup terbantu produk kita simpel terindek di halaman mesin pencari tanpa perlu repot-repot harus menguasai ilmu SEO.

Layanan Gratis 
sebagian besar mengatakan layanan secara gratis, untuk beberapa marketplace kita tidak perlu mengeluarkan sepeser rupiah pun untuk memulai jualan di sana. Dan kini ada yang mengatakan fitur berbayar juga yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan penjualan menyerupai premium seller di bukalapak dan gold marchant di tokopedia .

Adanya sistem reputasi 
Dengan adanya reputasi seller maka akun anda sanggup menjadi tolak ukur atau portofolio kinerja seller dalam melayani pelangganya. Dan juga saya ambil kutipan dari Om Zaky founder dari bukalapak bahwa akun ini juga merupakan aset yang sanggup di wariskan suatu ketika nanti kepada penerus usahanya.

Murah dari segi maintanance 
Jika kita membangun website  maka harus mengeluarkan biaya tahunan untuk bayar sewa domain hosting. Serta terbatasnya upload data produk alasannya kapasitas bandwith kalo punya website online store sendiri. Di marketplace kita bebas mau upload produk berapapun. Apalagi kita harus berusaha untuk meningkatkan SEO website juga yang tidak simpel dan instan,

Iklan Berbayar Gratis
Dengan mengupload produk di marketplace maka kita terbantu di promosikan situs periklanan terbesar menyerupai adword dan fb ads. Kapan lagi iklan produk anda muncul di halaman facebook atau iklan google di jutaan situs secara gratis.

Tidak Harus Punya Rekening Bank Banyak
Saya dulu sebagai pelaku online seller konvensional terpaksa harus membuka 5 rekening bank yang sering di gunakan customer . Dan pastinya biaya admin bank jadi terasa tiap bulanya. Ya bahu-membahu tidak terlalu penting tapi ada beberapa customer yang kadang mengeluh dan ngga jadi order di karenakan terkena biaya embel-embel kalo transfer beda bank. Di marketplace semua sanggup teratasi alasannya sistem rekening bersama ( Esrow )  yang sanggup menampung pembayaran dari aneka macam bank dan layanan jasa keuangan lainya. Bahkan perkembangan akhir-akhir ini kita sanggup mengajukan cicilan dengan kartu kredit ketika berbelanja produk melalui marketplace.

Aman Dan Kemudahan Dalam Pembayaran 
Kehadiran marketplace sanggup mengatasi keresahan para pembeli online alasannya berbeda pada sebelum tahun 2008 di mana belum ada sistem yang menjembatani antara penjual dan pembeli. Namanya bisni online kita tidak saling bertemu maka iman menjadi hal yang sangat penting. Dahulu orang2 sangat kuatir ketika akan berbelanja online alasannya maraknya penipuan. Dengan adanya sistem marketplace tingkat iman customer sangat tinggi walaupun mesti berhati-hati juga alasannya tetap masih ada penipuan yang memanfaatkan celah kelemahan sistem di marketplace.


Support Mobile Shopping 
Hampir semua marketplace sudah support mobile apps . Sehingga semua acara buyer atau seller sanggup di saluran melalui aplikasi mobile. Berdasar survey dari nielsen juga menandakan bahwa pembelanjaan online melalui mobile phone menempati peringkat tertinggi dibanding menggunakan komputer desktop.

Tapi ada beberpa minusnya juga
Yang namanya marketplace ya menyerupai pasar otomatis timbul persaingan alasannya bertemunya sesama penjual dengan produk sejenis yang bersaing pribadi soal harga dan pelayanan. Tapi tetap saja yakin rejeki sudah ada yang ngatur , kadang harga lebih tinggi dari yang lain tetap saja laris ada yang beli. Yang di butuhkan yaitu kreatifitas dan kualitas pelayanan kepada customer supaya sanggup menang dengan pesaing kita di marketplace.




Subscribe to receive free email updates:

ADS