ADS

Pentingnya Mengolah Database Customer Di Marketplace

Sebagian besar tujuan utama kita membuka toko di marketplace memperluas pasar meningkatkan penjualan dan omzet. Tapi ada yang lebih penting selain kita sanggup penjualan, yaitu mengumpulkan Data customer. Banyak para seller tidak melaksanakan hal ini , sebagian beralasan repot dan buang waktu. Memang karenanya tidak pribadi butuh usaha di awal tapi dengan kita mempunyai database kita sanggup tetap menjalin kekerabatan dengan customer yang sudah susah payah kita dapatkna dengan mengeluarkan budget iklan yang tidak sedikit.  Dapat di istilahkan sebagai membangun bak ikan dimana nanti kita sanggup gampang mendapat hasilnya. Dan perlu di ingat "menjual ke customer yang pernah beli produk kita lebih gampang daripada menjual ke customer yang baru."
 Untuk itu perlu kita kelola data customer yang ada di marketplace salah satunya dengan membackup contact customer.

Mengapa perlu membackup database?
Karena kita tidak tahu keberlangsungan marketplace, sanggup saja pribadi tutup , akun kita terbajak atau data transaksi kita di batasi terus di hapus. 
Dan ini merupakan bukan sembarangan contact , bagi anda yang menjual satu jenis kategori produk maka ini merupakan data customer yang potensial alasannya tertarget  sudah terperinci sudah pernah membeli produk kita.

Pihak marketplace juga sudah memperlihatkan fitur untuk download daftar transaksi. Tapi Walaupun data penjualan sanggup di download tidak disertakan dengan nomor handphone. Memang sengaja tidak sanggup download data alamat dan nomor telepon supaya tidak di salah gunakan.

Bagaimana cara efektif untuk menyimpan contact customer dari marketplace ?
Cara yang paling efektif ialah dengan membackup data customer ke google contact
memang harus sedikit repot alasannya manual di buka pertransaksi dan di input satu persatu. Suatu ketika di butuhkan sanggup di contact kembali, menjalin kekerabatan personal ke customer. Dengan penyimpanan di google contact  Akan terdeteksi contact Whatsapp atau  telegram.


Untuk memudahkan identifikasi juga perlu Di buat label dan identifikasi khusus misal nama customer bukalapak berjulukan Budi kita buat di contact BL Budi .

Setelah data contact terkumpul tinggal Blast dengan Whatsapp kita sarankan untuk save contact dan kita hanya perlu sering update status produk jualan kita. Saya sarankan jangan terlalu sering blast whatsapp alasannya sanggup di suspend oleh pihat whatsapp jikalau ada yang merasa terganggu dan melaporkanya.

Sebagai epilog cara di atas tidak melanggar hukum di marketplace alasannya data pelanggan juga hak milik seller. 



Subscribe to receive free email updates:

ADS